Bulan konsistensi

Diawal ramadhan, gw pernah mendengar ceramah dari seseorang bahwa ramadhan adalah sebuah tempat pelatihan dimana dalam 1 bulan ini akan menentukan pribadi kita di bulan-bulan berikutnya. oleh karena itu, akhirnya gw memutuskan untuk menjadikan bulan ini sebagai tempat melatih agar g lebih konsisten. gw berharap setelah selesai bulan ramadhan ini gw bisa menjadi orang yang lebih konsisten. (sebenarnya gw tulis di dinding kamar gw, 3 hal yang gw latih di bulan ini yaitu konsistensi, amanah, positif. Dalam hal ini gw hanya mengungkit konsistensi gw)

Rencana tersebut gw tetapkan setelah 2 atau 3 hari puasa ramadhan dimulai. apa saja yang gw lakukan untuk melatih kekonsistensian gw???
– gw selalu berusaha untuk mendekatkan diri kepada 4JJI. Tapi pernah beberapa kali disaat gw udah mulai lupa, gw ingat janji gw di awal bulan ini gw harus konsisten nih, kalau saja mengingat 4JJI gw gak konsisten gmn dengan hal lain.
– gw berusaha konsisten untuk menyegerakan shalat. wah ini juga salah satu cobaan berat dalam puasa gw. tapi alhamdulillah kalau gw bisa menilai sendiri diri gw, target gw hampir tercapai lah.
– gw berusaha konsisten shalat tarawih. Ibadah gw yang ini bisa gw nilainya alhamdulillah, gw berharap banyak dengan mendirikan ibadah ini konsistensi gw terlatih.
– gw berusaha konsisten tilawah. Ini jg sarana latihan yang ampuh nih, apalagi pernah gw merasakan cobaan untuk menguji konsistensi gw dalam hal ini. tepatnya waktu gw uts, disitu tuh gw dituntut untuk belajar tapi gw juga harus konsisten untuk melakukan targetan-targetan ramadhan gw.
– gw berusaha konsisten untuk berhemat di bulan ini. Yang ini bisa gw bilang berhasil deh soalnya dari sisa hasil Uang jajan jajan gw yang lumayan lah hehehe.
– jangan kaget yah, kalau gw juga berusaha konsisten untuk selalu masak pas sahur. walaupun di awal puasa gw semapat beli makanan untuk sahur trus tinggal dipanasi tapi pas mulai hari 4/5 akhirnya gw selalu masak buat sahur. Masaknya sih sederhana seringnya cuma goreng lauk doank. but it’s ok itu salah satu bentuk konsistensi. sebenarnya karena itu gw jd bisa lebih berhemat

ok itu hanya beberapa usaha yang cukup menggambarkan gw dalam melatih konsistensi di bulan ini. jadi tema bulan ramadhan gw kali ini “bersabar untuk selalu konsisten” (hehehehe, baru kepikiran sekarang). Btw, gw belum cerita yah knp gw memilih konsistensi? mungkin bagi sebagian orang ini adalah hal yang mudah. tapi bagi gw tuh susah buanget. setelah gw mengevaluasi diri gw dalam banyak hal, gw ini adalah sala seorang yang kurang konsisten. misalnya, suatu hari gw berniat puasa sunnah trus pas hari itu tiba-tiba gw gak jadi puasa, kalau dipikir2 mungkin karena niat gw yang gak kuat tapi ternyata karena seperti itu tidak hanya sekali terjadi berarti gw mungkin emang kurang konsisten. Trus juga dalam melakukan suatu hal, banyak niatan gw yang batal karena tidak konsisten. Sekarang tiba-tiba terlintas di pikiran gw apakah mungkin konsistensi erat kaitannya dengan niatan??? eniwei, gw mau tetep konsisten bagaimanapun niatanya.

Ramadhan udah mau selesai (tinggal 1 atau 2 hari, tegantung kapan muncul bulan *bukan dapat bulan loh heheheh*). trus, seperti kata gw di awal tadi, ramadhan ini hanya tempat pelatihan bagi gw. segala konsistensi apapun yang telah gw lakukan tidak berarti apa-apa mungkin selain pahala yang gw dapat di bulan ini(tentunya lebih besar dari bulan yang lain) apabila gw tidak bisa konsisten untuk menerapkan konsistensi itu di bulan-bulan berikutnya*mikir mode on, kalimatnya lucu deh*.

Kumandangnya takdir takbir mulai bergema
selesailah sudah puasa kita
wajah pun berseri penuh gembira
esok lebaran kita
(Bimbo)

3 thoughts on “Bulan konsistensi

  1. mendekatkan diri pada allah jgn saja pas waktu sholat, puasa, zakat, haji saja… tapi setiap waktu, setiap saat, dan setiap tempat
    jadinya, planningnya dimulai saat ni, bukan besok
    piss😀

Tinggalkan Balasan

