…tentang cinta, impian, persahabatan, dan nasionalisme

5cmblog.jpgSejak setahun yang lalu lafra merekomendasikan buku ini untuk dibaca dan tiga bulan lalu gw mendengar percakapan teman-teman kampus gw yang sangat ingin mendaki mahameru karena habis membaca buku ini, akhirnya gw punya kesempatan jg untuk membaca buku ini. walaupun, buku ini udah gw beli sejak dua bulan lalu tapi baru sempat terbaca saat ini karena liburan. dua kata yang sangat familiar untuk sebuah buku yang gw suka yaitu “Keren buanget…” atau bisa juga “gua buanget…”. terus terang udah lama gw gak merasakan perasaan sesenang ini membaca buku, buku ini sangat “warna-warni tapi ringan” sehingga gw merasa memperoleh banyak hal setelah membaca buku ini.

Sekilas membaca judulnya “5cm” pasti gak kebayang buku ini bercerita tentang apa. Tanpa bermaksud untuk membocorkan isi novel ini, gw pengen mereview dikit buku ini dari sudut pandang gw.
Gini loh jeng, buku ini bercerita tentang persahabatan 4 pemuda+1 pemudi, yang masing-masing memiliki karakteristik yang cukup khas. Mereka berteman sejak sekolah hingga lulus dan kuliah ataupun kerja. Walaupun telah lulus kuliah dan berpisah namun mereka sering nokrong bareng. Hingga suatu ketika mereka merasa bosan karena keseringan ngumpul. oleh karena itu, mereka memutuskan untuk gak ketemuan dulu selama 3 bulan dan sepakat ketika bertemu lagi maka akan merayakannya dengan suatu acara yang seru.
Akhirnya, setelah 3 bulan dilewati mereka pun bertemu dan melakukan sebuah perjalanan yang sangat berkesan untuk merayakan pertemuan mereka.

Perjalanan apakah itu???yang pasti menurut gw ini bukan perjalanan biasa, bukan sekedar perjalanan maen-maen karena berupa perjalanan untuk mendaki puncak mahameru. Ada satu kalimat yang menarik menurut gw, kalau gak salah seperti ini “sebuah negara tidak akan kehabisan pemimpin selama masih ada anak muda yang suka untuk melakukan perjalanan ke hutan, gunung, dan laut”
gw pun ingat kata-kata brown eyes kalau gk salah begini “mendaki gunung tidak hanya untuk melatih fisik saja tapi yang paling penting melatih mental”

Dalam perjalanan untuk mencapai puncak mahameru itu buanyak buanget pelajaran yang disampaikan di buku ini dan indahnya menurut gw pelajaran-pelajaran tersebut dibungkus dalam bahasa yang ringan, tidak menggurui, tapi puitis.
Salah satunya dikarenakan adanya kutipan-kutipan bermakna di buku ini seperti

Sesuatu yang pasti di dunia ini adalah ketidakpastian
dan tuhan memelihara ketidakpastian itu pada seluruh umat manusia agar manusia terus belajar, terus bermimpi, dan ujung-ujungnya kita akan kembali ke pada-Nya

woman was created from the ribs of a man
not from his head to be above him
nor from his feet to be walk upon him
but from his side to be equal
near to his arm to be protected
and close to his heart to be loved

our greatest glory is not in never falling…but in rising every time we fall (confucius)

Akhir kata, gw ngucapin met membaca buku ini, semoga kalian bisa menangkap pelajaran-pelajaran tentang cinta, impian, persahabatan, dan nasionalisme.

…yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adalah mereka hanya tinggal mempercayainya…

11 thoughts on “…tentang cinta, impian, persahabatan, dan nasionalisme

  1. halloo Fitra, met lebaran yey, met idul fitri, yuk kita kembali ke fitrah, kembali suci lagi yey, hehehehee, mohon maaf lahir batin ya klo gue ada salah, met liburan, have a great time with ur fam, c ya then!

  2. Hm, bagus ya ternyata bukunya.. Kirain novel yang ga jelas..
    Setelah baca postingan ini jadi kepikir, masih mungkin gak ya saat ini ada persahabatan yang bisa bertahan begitu lama.. Dari sekolah, kuliah, sampai kerja..
    Rasanya nggak pernah merasakan itu aja.

  3. Iya yah…mungkin gak yah 10 tahun yang akan datang kita masih bisa kumpul2 lagi ma teman SMA trus udah punya anak yang sifatnya mirip ama kita…minimal teman bareng pas kuliah hehehehe

  4. gw kok jadi inget lirik sebuah lagu yang diciptaiin Akeboshi yang judulnya Wind:

    Cultivate your hunger, before you idealize
    Motivate your Anger, to make them all realize
    Climbing the mountain, never coming down
    break into the contents, never falling down

    my knee is still shakin’ like i was twelve,
    sneakin’ out the classroom by the back door,
    a man railed at me twice though
    but i didnt care
    waiting is wasting for people like me

    dont try to live so wise
    don’t cry cos you’re so right
    don’t dry with fakes or fears
    cos you will hate yourself in the end

    dont try to live so wise
    don’t cry cos you’re so right
    don’t dry with fakes or fears
    cos you will hate yourself in the end

  5. horeee…ada namaku!
    hehehehe…

    betulll..buku ini emang bagus…inspiring and motivating!

    oia…pindah rumah nih -> 1bintangbiru.blogspot.com
    jangan lupa urlnya diubah ya😀

  6. gua pernah mendengar komentar tentang buku ini dari teman2 gua… mereka kecewa karena terlalu banyak menceritakan perencanaan, bukan perjalanannya. tapi gua ttp aja penasaran sama bukunya. cari ah,,,

  7. Ai…
    Pertama kali baca buku ini waktu sy masih D3 dulu..
    Lagi ngerjain TA..
    Eeehhh iseng beli novel di Toga Mas Yk..
    Pas baca,,
    Lupa deh ma TA-nya..
    Memang bukuny bagus sekali..
    Sy suka kisah persahabatannya..
    Ai..
    Baca juga buku yg judulnya ‘Orange’
    Bagus sekali dehhh!!!
    :)))
    Maryamah Karpov pun OKzzz bgtzzz!!!
    Wakakaakakakakakakakakaka!!!

Tinggalkan Balasan

