Sinergisasi == Bergerak bersama-sama

Wajah kemahasiswaan terpusat ITB dalam kurun waktu 5-10 mendatang menurut saya tentunya akan berbeda dengan kemahasiswaan terpusat ITB saat ini. Apabila kita melihat ke belakang yaitu sejak 10 tahun silam (1996) yaitu ketika kemahasiswaan terpusat ITB dideklarasikan kembali dengan nama KM ITBsetelah akhir dekade 70an DEMA ITB sebagai wajah kemahasiswaan terpusat ITB saat itu dibekukan, terdapat perbedaan tantangan antara kemahasiswaan terpusat ITB saat akan dibentuk kembali dalam hal memperoleh legalitas KM ITB oleh birokrasi ITB dengan kemahasiswaan terpusat ITB saat ini yang mengalami hambatan dari birokrasi dalam hal kaderisasi.

Arah kebijakan KM ITB 5 tahun yang lalu dibandingkan saat ini pun telah berbeda karena dipengaruhi kondisi ITB setelah menjadi BHMN dan tidak bisa dipungkiri keadaan negara ini juga dapat mempengaruhi kondisi kemahasiswaan terpusat ITB saat itu. Selain itu pihak internal yaitu himpunan dan unit juga mempengaruhi kondisi kemahasiswaan terpusat ITB. Adanya perbedaan kondisi dan tantangan dalam kurun waktu yang berbeda secara langsung mempengaruhi arah kebijakan KM ITB dari tahun ke tahun.

Arah kebijakan akan sangat mempengaruhi arah pergerakan suatu organisasi dan apabila suatu organisasi berhenti di tempat maka organisasi tersebut akan mati. Oleh karena itu, KM ITB saat ini hingga 5-10 tahun mendatang perlu memiliki arah kebijakan yang dapat menjawab tantangan yang ada dengan melihat peluang yang berasal dari pihak eksternal maupun internal sendiri agar KM ITB dapat terus eksis untuk menjaga cita-cita luhur pendirinya.

Salah satu arah kebijakan kampus ITB tercinta saat ini yaitu menjadi research university dan hal tersebut membuat mahasiswa lebih fokus terhadap akademis namun mahasiswa sedikit ‘menjauh’ dari organisasi kemahasiswaan. KM ITB harus dapat menjawab tantangan tersebut yaitu dapat memfasilitasi minat maupun kebutuhan mahasiswa ITB sebagai anggota KM ITB dalam hal peningkatan keahlian dalam hal ilmu, seni, dan teknologi.

antangan saat ini tentu saja akan berbeda di kemudian hari dan mungkin saja akan lebih berat lagi. Oleh karena itu, hal yang perlu dibenahi oleh KM ITB sebagai sebuah organisasi mahasiswa terpusat di ITB yang berbasiskan himpunan mahasiswa jurusan dan unit kegiatan mahasiswa yaitu kesatuan di antara elemen-elemen kemahasiswaan tersebut. Kesatuan tersebut dapat dibangun dari adanya kerjasama dan koordinasi yang baik diantaranya. Namun, pada kenyataannya hal tersebut belum benar-benar terwujud pada kondisi saat ini.

Oleh karena itu, kemahasiswaan terpusat ITB dalam hal ini kongres dan kabinet KM ITB memiliki ‘PR’ sejak dulu yang belum dituntaskan untuk dapat mensinergiskan kerja diantara elemen-elemen kemahasiswaan ITB dengan KM ITB sendiri. Seperti sebuah pepatah lama ‘Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh’ sudah seharusnya elemen-elemen kemahasiswaan ITB bergerak bersama-sama untuk mewujudkan cita-cita bersama yang dibuat 10 tahun silam.

4 thoughts on “Sinergisasi == Bergerak bersama-sama

  1. wew… another wacky things about organization’s problems, salute for you which still have time to think about it……

    *my last comment*

  2. wah….nampaknya menjadi sangat rumit.
    harus sepert itu ya kalo mau jadi senator. sepertinya saya tak mampu.
    hebat..hebat…
    saya dukung!!
    semoga KM kedepan bisa menjawab tantangan yang sedang dihadapi.

  3. Fajrin : kok teteh sih jrin…berasa tua secara aq tuh terlalu muda utk seangkatanku hehehehe
    Atar : yah kok last comment sih….
    Zehn : Saya dukung zehn jg jd ketua LFM….semoga unit, himp, kongres, kabinet bisa bersinergi dan bergerak bersama-sama (titipan dua capres :p )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s