Seminggu kami bertugas

Tepat seminggu kongres KM ITB 2007-2008 melaksanakan tugasnya. Seminggu yang lalu, kami telah dilantik sekitar pukul 18.00. tidak seberapa yang kami telah hasilkan namun insyaAllah hal2 tersebut menjadi awal dan landasan yang baik untuk menjaga keberlansungan KM ITB ke depan, amien…
Langsung saja gw pengen menceritakan apa yang telah kami lakukan selama seminggu ini.

Senin, 2/4, 17.00 @plawid. Kongres kM ITB0607 berencana melantik kongres KM ITB0708. namun, seperti yang sudah diduga hingga waktu yang direncanakan jumlah surat penugasan senator yang masuk di panpel belum cukup kuota kami yaitu minimal 30. Kongres0607 nampaknya optimis untuk tetap menunggu hingga kuota senator mencukupi (salah seorang senator0607 sempat bilang batas akhir sampai j00.00). Syukurnya hingga sekitar 17.50 akhirnya surat penugasan mencukupi 30 surat dan berarti kongres 0708 telah resmi berisi 30 senator dari himpunan maupun rumpun unit. sekitar jam 18.00 prosesi pelantikan dimulai dengan diawali dengan pembacaan nama masing-masing senator. kemudian, pengambilan sumpah jabatan yang dibacakan oleh saudara Muhammad Fida Helmi (13703040) senator MTM, ketua kongres KM ITB 2006-2007. Prosesi pelantikan dilanjtukan dengan penyerahan bendera KM oleh k helmi kepada perwakilan senator 0708. Akhirnya penyerahan bendera tersebut menjadi simbol pelantikan kami dan kongres KM ITB 0708 resmi terbentuk (syukurlah gk jadi FKHJU).

Selasa, 3/4, 17.30@sekre KM. senator-senator 0708 berkumpul untuk menentukan siapa pejabat sementara(PJS) ketua kongres KM ITB 0708. Sebelumnya kami memutuskan terlebih dahulu untuk sementara waktu tetap menggunakan kode etik &aturan sidang dari kongres0607. Senator-senator yang berkumpul hari ini sekitar 17 orang. namun hingga akhirnya PJS ditentukan jumlah senator berkurang menjadi 11 orang. Akhirnya rapat ditutup dengan menugaskan saudara Mahendrata (13104119) senator rumpun seni budaya sebagai PJS Ketua Kongres KM ITB0708. Selain membahas wewenang dan tugas dari PJS, kami juga sempat mewacanakan kegiatan kabinet 0607 yang masih dilaksanakan padahal LPJ kabinet telah ditolak.

Rabu, 4/4, 17.30@sekre KM. lagi-lagi senator0708 rapat lagi hari ini dengan 3 agenda (tugas dari PJS) yaitu persiapan sidang paripurna(SP) pengesahan ketua kabinet0708, sidang paripurna pemilihan ketua kongres, konsolidasi senator-senator yg blm pernah datang. dari poin-poin tersebut akhirnya kami memutuskan untuk membuat dua pansus dengan tugas masing-masing yaitu SP TAP ketua kabinet0708&sertijab(Pansus A) dan SP pemilihan ketua kongres(Pansus B). Akhirnya kami dibagi ke dalam kedua pansus tersebut. btw, senator0708 yang datang hari ini berjumlah 16 orang dengan beberapa muka baru yang muncul namun beberapa muka lama(yg kemaren datang) gk nampak.

Kamis, 5/4, 17.00@sekre KM. Rencana semula hari ini pansus A mau ngumpul tapi yg pansus B juga diharapkan datang tapi karena beberapa senator ada keperluan hari ini (termasuk mahendrata sebagai PJS) akhirnya yang datang ke sekre cuma sekitar 10-12 orang. Kebetulan juga ada fida helmi di sekre akhirnya kami malah ngobrol2 santai alias tanya2 tentang kongres ke dia. sebelumnya kami berpisah, sempat tercetus rencana itu mempercepat (awalnya sabtu menjadi jumat, pertimbangan kampus akan ditutup pada hari sabtu) Sidang Paripurna TAP pengangkatan ijul sebagai ketua kabinet baru dengan catatan TAP tersebut sah setelah TAP pengangkatan dwi habis yaitu sabtu. Gw akhirnya diminta untuk menjarkom semua senator untuk kumpul besok j14.00 dan bila terpenuhi kuota sidang paripurna maka SP bisa langsung diadakan.
Malamnya, gw ngobrol tentang hasil kumpul tadi mahendrata dan hasil obrolan gw dan dia mempertimbangkan karena beberapa hari yang lalu ketika banyak senator yang ngumpul, hasil kesepakatan kita bersama Sidang Paripurna untuk TAP pengangangkatan Ijul dilaksanakan sabtu jadi bila dipercepat kemungkinan yang datang lebih sedikit dan juga menurut hukum (cailah ngomongnya berat) TAP pengangkatan Dwi kadaluarsa pada hari sabtu 17:55(tepat setahun) jadi sebelum itu TAP tersebut tidak berhak dicabut kecuali untuk alasan yang lebih berat(misalnya ketua kabinet wafat).Akhirnya gw menjarkom beberapa orang yg datang tadi sore bahwa kumpul besok gk jadi sidang paripurna.

Jumat, 6/4, 17.15@sekre KM. gw bertemu dengan mahendra untuk persiapan sidang paripurna besok, sayangnya Ady (KMPN) sebagai ketua pansus A gk bisa datang. waktu di sekre ada anak2 2006 sebagai staf dept. sospol kabinet0607 lagi sibuk buatin properti untuk aksi besok. moga-moga mereka akan tetap sesemangat itu aktif di kabinet berikutnya. Btw, malam ini gw harus menjarkom semua

Sabtu, 7/4, bisa baca di postinganku sebelumnya apa yang terjadi hari ini. Tapi yang gw ingin ceritakan yaitu kisah setelah JK pulang.
16.00 @sekre KM, di saat gw nyampe di baru terisi oleh beberapa senator yaitu Herwin (HMFT) dan Ibnu Sina (UBV). Padahal syarat kuota sidang paripurna yaitu di awal dan akhir harus ada senator minimal 1/2n+1 dimana n adalah total senator0708 yaitu 30 berarti kuota senator yang harus terpenuhi yaitu minimal 16 orang. Akhirnya pada pukul 17.18 Sidang Paripurna dimulai dengan jumlah senator 16 orang dan hingga akhirnya total senator yang ikut sidang paripurna yaitu 19 senator. Agenda Sidang Paripurna yaitu mencabut TAP pengangkatan Dwi sebagai ketua Kabinet 0607 dengan kata lain menurunkan dwi sebagai presiden dan membuat TAP (ketetapan) atas pengangkatan saudara Ijul sebagai Ketua Kabinet 0708. Agenda sidang terpenuhi tepat pukul 18.00 (gk sengaja yg disengaja :-?) dan berarti Zulkaida Akbar (10203011) telah sah sebagai ketua kabinet(presiden) KM ITB 0708. Tugas pertama kami selesai🙂 walaupun sebenarnya TAP pengangkatan tersebut belum distempel soalnya stempel kongres gk tau kemana?
btw, setelah sidang, rapat kongres dilanjutkan untuk membahas pengaduan suatu dhani(denger2 sih koord. eksternal di kabinet ijul) atas tentang permasalahan tadi siang. Intinya sih atas pengaduan tersebut kami memutuskan untuk mendengar cerita lain dari versi yang berbeda oleh karena itu kami mengundang pelaku-pelaku aksi tadi siang yaitu dwi dan oki untuk klarifikasi atas pengaduan tersebut. Dari audiensi bersama kabinet lama selain menghasilkan klarifikasi dari Dwi tapi ternyata muncul pengaduan baru lagi yaitu atas sikap Ijul yang katanya menggerakkan massa atas nama kabinet baru padahal yang saat itu masih berkuasa adalah kabinet dwi. huff lagi2 sy harus menjarkom teman2 senator untuk kumpul lagi besok.

Minggu, 8/4, 09.00@sekre KM, Audiensi bersama Ijul sebagai presiden yg baru disahkan kemarin untuk mengklarifikasi ttg pengaduan tadi malam. Ijul juga melakukan pembelaan atas pengaduan tersebut. Atas Pembelaan dari saudara Ijul, kongres mengolah informasi-informasi yang dan memutuskan bahwa tidak ada yang salah dalam hal ini, trus sempat tercetus apakah perlu kita melakukan klarifikasi ke seluruh massa kampus atas masalah tersebut. Namun, setelah mempertimbangkan beberapa hal bahwa kedua pihak tersebut belum mewakilkan keseluruhan elemen dari kampus ini maka penyelesaian kami yaitu sebatas memfasilitasi klarifikasi antar dua pihak yang saling mengadu. Semoga kebijakan tersebut cukup adil untuk kedua belah pihak. Kalau dari gw sendiri mah mending rapat membahas tentang sikap dari rektorat (baca tulisan sebelumnya). Setelah selesai pembahasan tentang kegiatan kabinet Dwi yg kemaren dilaksanakan. sekarang para senator bekerja kongkrit yaitu untuk persiapan serah terima jabatan(sertijab) ketua kabinet besok. btw masih dengan masalah tadi malam, stempel kongres mana kk?setelah dicari2, udah nanya ke helmi, tapi stempelnya gk kelihatan jg akhirnya diputuskan buat stempel baru. dasarnya kongres itu gk punya uang akhirnya bikin stempel dengan menggunakan uang masing2 senator(buat yang berniat menyumbang untuk kongres0708, silahkan hubungi gw hehehhe). trus masalah stempel beres, sekarang masalah sumpah untuk ketua kabinet yang baru utk sertijab. Akhirnya lagi2 kita menghubungi helmi untuk bertanya dmn dokumentasi sumpah jabatan. Pencarian di folder yang disebutkan helmi sama sekali gk ada hasilnya, lagi-lagi mungkin dokumen trsbt raib entah kemana. Akhirnya diputuskan sumpah jabatan diurusin oleh Ilham untuk buat dengan harapan ada Kan Ida (Ketua Kongres 0506) yang bisa memberikan arahan.
Huff…emang, gk enak jg kl misalnya semua senator adalah org2 baru, andaikan ada senator yg pernah di kongres 0607, kami tentunya gk perlu selalu menghubungi fida helmi untuk nanya hal2 kecil seperti di atas. Kl dr gw sih gk masalah selama masih esia to esia hehehe.

Senin, 9/4, 17.00@Plawid…It’s time…serah terima jabatan. pas banget sekarang jam di laptop menunjukkan pukul 16:54. udah waktunya gw pergi.
Pelantikan dilaksanakan dengan tidak tepat waktu karena mencari momen yang pas dimana massa kampus udah ramai.
Ehm, sekian cerita yg mgkn membosankan ttg apa yang telah kami lakukan n alami selama seminggu menjadi senator KM ITB 0708 yang katanya adalah negarawan di KM ITB (ehm, berat euy).

5 thoughts on “Seminggu kami bertugas

  1. @Bagoest : yup. kl mau cerita lengkapnya entar kta ngbrol aja kali yah. apalagi kl bagoest tertarik hehehehe. yang pasti ini jarang2 aq bisa bertemu dengan berbagai jenis orang dari latar belakang yang berbeda, it’s interesting one

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s