Berbagi cerita sebulan di kongres

Date: Fri, 04 May 2007 13:03:26 +0700 [01:03:26 PM WIT]
From: Fitrasani
To: hmif@students.if.itb.ac.id
Reply-To: Mailinglist HMIF-ITB
Subject: [HMIF] Berbagi cerita sebulan di Kongres
Headers: Show All Headers | Show Mailing List Information

Kongres KM ITB memegang peranan penting dalam penentuan arah kemahasiswaan ITB kedepan.
Sesuai dengan AD/ART KM ITB Kongres KM ITB memiliki fungsi dan wewenang dalam penentuan
arah kebijakan dan Lembaga Legislatif dengan kewenangan membuat keputusan sesuai dengan
tujuan KM ITB.

Salam,

Alhamdulillah udah lewat sebulan kongres KM ITB 0708 menjalankan tugasnya sejak tanggal 2
April07 dilantik. Udah ada beberapa hal yang kami kerjakan dan berbagai isue yang ada di pembahasan kongres KM ITB 0708.
Ringkasnya atas hal-hal yang telah kami kerjakan yaitu:
– Memilih pejabat sementara Ketua Kongres KM ITB 0708 yaitu Mahendrata MS04 senator
rumpun seni budaya. Pemilihan ketua kongres ditunda karena ada hal lain yang kami
prioritaskan demi keberjalanan kemahasiswaan ITB setahun ke depan.
– Mengangkat Zulkaida Akbar sebagai Ketua Kabinet 0708 (7 April 07) dengan sertijab 9April07
– Melimpahkan kegiatan IEC kabinet KM ITB 0607 ke Ketua Kabinet 0708
– Membuat dan mengesahkan Garis Besar Haluan Program(GBHP) KM ITB 0708 yang nantinya akan
menjadi arahan untuk pembuatan proker oleh kabinet KM ITB 0708. Alhamdulillah GBHP dapat
rampung dua minggu(mengobarkan pembahasan tiap sore) dah disahkan sejak tanggal 29
April07 dan kemarin (3 Mei07) telah dilaksanakan sosialisasi GBHP ke kabinet KM ITB0708.
GBHP yang dibuat masukan aspirasi dari sekitar 20 himpunan beserta 6 rumpun unit(media,
pendidikan, kajian, seni budaya, olahraga, agama) dan berpedoman kepada AD ART KM ITB
Berikutnya yang akan menjadi PR buat kami yaitu mekanisme kontrol dan pengawasan terhadap
kerja kabinet.
– Melakukan fit n proper test sebagai mekanisme pengesahan susunan kabinet KM ITB 0708.
Fit n Proper test udah berjalan sejak dua minggu lalu. Rencananya pembahasan tersebut
akan dilaksanakan minggu lalu bersamaan dengan pengesahan GBHP nam pelaksanaan terpaksa
tertunda karena hingga hari yang kami tentukan susunan kabinet yang diajukan oleh
presiden belum lengkap. oleh karena itu, pembahasan pengesahan susunan kabinet 0708
insyaAllah dilaksanakan sore ini.
– Sosialisasi mekanisme pengatasnamaan KM ITB oleh Kabinet KM ITB untuk keluar sistem KM
ITB.
sosialisasi ini bermula karena adanya beberapa kegiatan pengatasnamaan KM ITB dengan
skala kampus yang dilakukan oleh presiden KM ITB tanpa sepengetahuan Kongres KM ITB

Adapun isu-isu yang sempat terbahaskan dan ditindaklanjuti di kongres(yang saya ingat
saat mengetik email ini, moga2 gk ada yg terlewat) antara lain:
– kasus penamparan Saudara Dwi Ariyanto TK02 oleh Dimas SI02. Saat itu sempat tercetus
ada rekomendasi dari kongres kepada presiden KM ITB untuk memberikan sanksi organisasi
atas cara fisik tersebut. Namun, setelah melalui sekitar 3 kali pembahasan,
senator-senator di kongres tidak mencapai kesepakatan atas penyikapan kasus ini dan
menyatakan ingin fokus untuk pembuatan GBHP
– Surat ‘cinta’ dari rektorat utk himp maupun unit. Kongres meminta kabinet agar dapat
memfasilitasi penyelesaian larangan tersebut. Kabinet udah sempat buat forum pembahasan
itu dengan mengundang kahim2.
– lagi-lagi masalah KUOTA KONGRES. Overview saja, di awal kongres 0708 dapat terbentuk
karena tepat memenuhi kuota yaitu sejumlah 30 senator (17 himpunan+13 unit). Sebulan ini,
kuota kongres bertambah 1 senator lagi dari HIMATIKA sehingga sekarang total senator di
kongres sejumlah 31. Jumlah 31 masih menjadi ancaman kongres BUBAR bila kuotanya
berkurang lebih dari 1.

Agenda terdekat yaitu:
– pembahasan susunan kabinet(sore ini)
– pengangkatan tim MWA, beasiswa beserta GBHPnya
– internal kongres

Kongres KM-ITB berhak dan berkewajiban melakukan pengawasan terhadap Kabinet KM-ITB dan
meminta pertanggungjawaban Kabinet KM-ITB sewaktu-waktu bila dipandang perlu.

Berikut adalah sekilas dari kerja Presiden KM ITB 0708 sebulan belakangan ini. Terdapat
beberapa kegiatan udah dilakukan antara lain:
– Kopi sore di CC.
– Diskusi kemahasiswaan
– OSKM Day
– Peringatan hardiknas
– kunjungan ke himp2+unit2
– kegiatan2 lain yang bersifat insidental(maaf gk sy tuliskan disini entar silahkan nanya
ke sy aja)
Agenda yang terkedat:
– pemilihan ketua OSKM 07

Melihat kerja di kongres cukup menyita perhatian apalagi jumlah senator yang dibatasi
hanya 1 orang menjadi evaluasi diri saya pribadi atas keterbatasan usaha penarikan
aspirasi di HMIF. Alhamdulillah untuk bulan April, saya bisa menarik aspirasi HMIF
melalui acara kopi sore senator. Namun, kedepannya saya harapkan segala bentuk aspirasi
maupun pertanyaan dapat langsung ditujukan ke saya maupun DPP.

Lengkapnya silahkan dibuka dan diubeg2 sendiri di
http://students.if.itb.ac.id/~if14108/KONGRES/LaporanApril
untuk sementara isinya berupa
– GBHP KM ITB0708
– TAP yang udah dikeluarin
– mekanisme fit n proper test
– presensi senator. Tercatat 12 rapat+3 sidang yang udah dilaksanan dan sesuai harapan
iqbal waktu LPJ kemaren, kehadiran senator HMIF cukup memuaskan kok😀


Fitrasani
13504108
“anggota Kongres KM ITB 0708 yang bersuara dan berpendapat atas nama HMIF “

_______________________________________________
hmif mailing list
hmif@students.if.itb.ac.id
http://mail.students.if.itb.ac.id/mailman/listinfo/hmif

2 thoughts on “Berbagi cerita sebulan di kongres

  1. uhm.. silau banget…🙂
    itu spasinya berantakan, jeng.. kaya bung roni dong..
    d wrap gitu… langsung copy paste dr milis yah…
    ada “Indonesia” nyempil d subject..

  2. @def: lapor, udah ganti template trus udah hapus tuh kata “Indonesia”. trus ttg bannernya, blm memenuhi klasifikasi gw. eniwei, gw simpan selalu. makasih yah…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s