Visit Indonesia 2008

Kebetulan karena menonton sekilas program grand launching “visit indonesia 2008” di TV malam ini, tiba-tiba saya jadi ingat masa-masa ketika masih SD. Yah kalau ditanya kapan saat-saat saya merasakan paling mengenal dan dekat dengan budaya indonesia kayaknya waktu jaman-jaman SD. Masih ingat ada buku pintar dan atlas hehehe media yang membuatku tahu tentang budaya indonesia. Entah ini juga dialami oleh anak-anak lain atau tidak, tapi dulu saya suka melihat gambar-gambar rumah adat, daerah-daerah wisata, dan pakaian adat yang ada di atlas. Kesimpulannya adalah saya terkagum-kagum oleh keberagaman budaya indonesia sedangkan secara spesifik saya suka dengan keindahan atribut budaya Minangkabau (bukan bermaksud kedaerahan cuma kebetulan dulu segala yang berbau budaya, maka sumatera barat selalu menjadi andalanku, entah ini krn latar belakang ibu saya ato gk, saya juga tidak menyadarinya).

Jadi tuh, kalau dulu saya dan teman SD membuka atlas pasti kami rebutan memilih rumah adat apa yang paling kami suka dan pasti ketebak donk apa yang kusuka yaitu rumah gadang. Alasannya kenapa? yah merasa itu megah saja dan indah… Tapi selain rumah gadang dulunya saya juga suka melihat rumah betawi entah karena terbiasa melihatnya di tontonan televisi namun juga lebih kepada kesederhanaannya. Saya membayangkan kalau rumah pribadi saya haruslah rumah adat maka mungkin saya akan memilih rumah betawi.

trus berikutnya pasti kita melihat pakaian-pakaian adat. Nah ini nih sulit nih karena pakaian adat itu cantik-cantik,,, hooo tapi lagi-lagi pasti bisa ketebak kan kira-kira pakaian adat yang cantik menurutku yaitu pakaian dari minangkabau (baju kurung). Alasannya yah cantik,, apalagi ada mahkota seperti atap rumah gadang hehehe dan mungkin alasan lainnya karena sebenarnya saya punya baju kurung yang dibelikan oleh ibu saya tapi sayangnya ukurannya untuk dewasa sedangkan saya dulu masih kecil akhirnya ada ambisi untuk memakainya suatu waktu (tapi lucunya sampai skrg blm pernah saya pakai hehehe). Selain baju kurung itu, saya justru juga suka pakaian adat dari jawa (sayangnya saya gak ingat, dari barat, tengah, timur ato jogja) yaitu semacam kebaya plus ada bunga melati (itu pakaian dari mana yah). Sebenarnya kalau gak salah ingat tuh pakaian daerah jawa hampir2 mirip semua cuma waktu itu saya milih itu karena modelnya cantik hahaha. Pakaian adat tersebut menurut saya pakaian itu cocok untuk jadi pakaian pengantin dibandingin baju kurung. Kemudian, ternyata saya pun baru tahu ketika membandingkan dengan foto pernikahan orangtuaku, baju pernikahan adat minangkabau bukan baju kurung yang di atlas justru lebih cantik dan megah – gambar di samping kanan.

Pengalaman lain tentang budaya indonesia yang selalu kukenang yaitu waktu kelas 5 SD, kami disuruh menyanyi lagu daerah masing-masing di depan kelas satu persatu. Nah, saya merasa bahasa minang lebih mudah daripada bahasa bugis akhirnya saya pun memilih lagu dari minang “kampuang nan jauh di mato” *waktu itu chikita meidy belum sempat nyanyiin* plus karena di kelas saya satu-satunya ada keturunan minang. Yah supaya berbeda sendiri. Nah yang lucu tuh waktu mau nyanyi, jadi sebelum saya nyanyi tuh ada temen saya co yang nyanyi lagu daerah dari toraja *kalau gk salah* dan dia nangis,,, huuu terharu deh karena dia posisinya sedang terpisah ma keluarganya yang ada di toraja (daerah di sulawesi selatan). Kemudian, bisa ketebak donk akhirnya pas saya yang nyanyi terpancing juga jadi nangis juga nyanyiin lagu “kampuang nan jauh di mato” huahahaha kalau ingat skrg rasanya lucu banget. Padahal dulu waktu nyanyi itu saya blm pernah ke padang. setahun setelahnya akhirnya kesampaian juga.

Yah itulah pengalaman masa SD yang kalau diingat bikin ketawa-ketawa sendiri. Kalau sekarang mah ingat pakaian adat jadi ingat pakaian jepang yang keren banget,,, pakaian sari india yang unik… hoo globalisasi,,,

Trus kalau ditanya, tarian apa yang saya suka,,, pasti udah ketebak yah lagi2 dari minangkabau,, hahahaha tapi emang saya dulu suka liat orang nari ‘tari Indang’ *din din badindin* di pertemuan-pertemuan keluarga minang waktu saya kecil. Sebenarnya saya suka berbagai tarian dari bermacam-macam daerah. Justru tari-tarian adalah simbol budaya yang paling menonjol bagiku dibanding alat musik atau senjata, dll. Hooo kalau nonton pagelaran seni dan budaya ITB kemarin, saya jadi pengen belajar nari daerah lagi, saya jadi pengen make pakaian adat lagi (terhitung sampai skrg saya hanya pernah make baju bodo dari sulawesi selatan). Mmmm pengen make pakaian adat daerah lain… Itu baru atribut kebudayaan Indonesia, masih banyak khazanah kebudayaan Indonesia,, apalagi tempat-tempatnya,,,huih membuatku jadi pengen jalan-jalan…. hehehe ada yang mau ngajakin gk,,, secara keinginanku belum kesampaian yaitu keliling jawa. mauuuu *selesaikan TA,,, woi,,,*

It’s time to visit Indonesia,,,

48 thoughts on “Visit Indonesia 2008

  1. Suka hal-hal yang berbau Minangkabau ya? Nantikan Pekan Pameran dan Pagelaran Budaya Minangkabau 2008 by UKM-ITB, InsyaAllah April 2008… Nonton pagelarannya yaaa… (promosi)

  2. Wah..ternyata impian anda telah saya jalankan…hihihi
    kelas 2 SD ke jakarta..kelas 6 SD ke SEmarang…kelas 3 SMA ke Surabaya
    kuliah tingkat dua ke Jogja dan Bandung,.,,,walaupun waktunya ga bersamaan, seenggak2nya udah keliling jawa…..^^
    Mengenai pakaian adat + rumah adat…kok sama yah…dulu juga senengnya kyk gitu…cuman beda selera…saya sukanya rumah adat Sul-Sel dan pakaian adat Bugis…(alasannya mungkin sama…karena orang tua punya darah Makassar)
    dan pengalamannya juga hampir sama waktu disuruh nyanyi lagu daerah…saya menyanyikan Anging Mamiri..daerah kelahiran orangtua saya..(maksudnya biar beda….hihihihi….)..mudah2an ga dicolong2 lagi….

  3. Lha Fit… km tuh orang Minang ato SulSel tho…
    Kalo sy disuru milih kebudayaan daerah favorit, tentunya saya milih SulSel dan JaTeng. Ohohoho… Maaf ya Cirebon…, i betray you…

  4. @reisha: ngiklan di blog sy kena charge loh wahahaha
    @Abeeayang: met taon baru,,,
    @weibullgamma: wah kok hampir sama yah,,, cuma beda daerah aja,,,
    @diBond: sy org apa??? bingung😛, org indonesia plg adil,, yg minang itu ibu saya, yg bugis (sulsel) itu ayah saya. tapi sy lahirnya di sulteng,,, bingung deh sy org apa wakakaka

  5. secara matrilineal jadinya Minang dong.
    karena nurunin suku dari ibu. mang sukunya apa fit ?
    jadi malah pengen ke sulawesi , tapi kapan yah ?
    nambah koleksi 10 provinsi yang uda dikunjungi (based on http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_provinsi_Indonesia)
    1. NAD (pasca tsunami)
    2. Sumbar –> jelas mah ini
    3. Bengkulu –> tempat bako (apaan tuh.. tanya ibumulah ^_^)
    4. Jambi –> waktu ziarah ke kerinci
    5. Banten –> pasca tes SPMB and STAN
    6. Jakarta –> for some purpose
    7. Jabar –> Bandung, Majalengka deh
    8. Jateng –> Magelang dong.Semarang pas cuti.
    9. DIY –> For some occasion
    10. Jatim –> pas tour de java tahun 2006 n 2007.ampe madura.

    any recommended province in Selebes island ? Gorontalo keknya menarik yah. pengen liat hasil karya pak Fadel.

  6. klo di sulawesi pastinya makassar beserta kota2 sekitarnya😀,,, gorontalo pnasaran jg sih,,, di sana pertanian ma perikanannya maju..

    jd pgn ngelist provinsi yg udah sy dikunjungi:
    1 sulteng -> besar disini sudah pasti
    2 sulsel -> yah ini jg nih,,, udah pasti,,,
    3 sumbar -> padang, solok, bukit tinggi (apalagi udah lupa) kyaa udh hampir 10thn kali yah gk kesana
    4 jabar -> bandung pastinya dan tangerang huehehe
    5 jakarta -> jln2 saja
    6 jatim -> surabaya,, ke rumah upik,,,
    7 NTB -> lombok,,, huaaa pantainya itu loh,,
    8 Bali -> 2 hari utk selamanya😀
    ada lg gk yah???
    nah selain itu ada jg kota2 yg pernah didatangin walau dalam hitungan jam krn pernah melewati seperti:
    1. lampung
    2. sumsel: palembang
    3. DIY-Jateng: (jogja, solo) huehehe wktu naek kereta ke surabaya
    4. balikpapan: udah beberapa kali mampir di bandaranya doank😀

    moga2 kapan2 kl umur panjang n dah punya rezeki berkesempatan keliling jawa-bali,,, ke lombok lagi,,, padang n bunaken-manado (secara gk pernah jadi2 slama tinggal di sulawesi)…
    Amin,,,

  7. Ikutan ngelist aah…

    mulai dari pulau Sumatra……he he he…blom pernah menginjakkan kaki sama sekali…..hihihi…semoga kapan2 bisa
    pulau Jawa :
    1>jakarta…biasanya klo liburan ato ada acara baru ke jakarta….ke tempat temen..cuma 2.500….
    2>jawa Barat…bogor..tempat menimba ilmu….sukabumi…pernah ikut penghijauan disana….bandung…tempat jalan2 dan mampir sebentar…tangerang…(khan sukarno Hatta ada di cengkareng-tangerang….klo mudik pasti singgah…)
    3>jawa tengah : studi eksekursi di Nyonya Meneer.pantai marina dan simpang lima….
    4>jawa timur : surabaya,.,..kota panas….cuman mampir duank sih sebenarnya….gresik…cuma beberapa jam….
    5>kalimantan selatan : di batu licin ke tempat saudara…di banjarmasin cuma beberapa jam juga….
    6>sulawesi selatan : ke Bulukumba…tempat kelahiran orang tua.,..pantainya…wuiih..bagus bener daah….
    7>jogjakarta : waktu studi banding ke UGM…
    8>bangka-belitung : dari lahir mpe gede disini…..masuknya sih regional sumatra…tapi khan ga termasuk sumatra yang pulau gedenya…..
    9>sumatra selatan==>he he he….karena dulunya bangka belitung masuknya sumatra selatan….hihihihihi
    yupz…jadi total ada 8 provinsi…..
    next destination :
    -Sulawesi tenggara..kendari…tapi blom pasti…..doaken yak….

  8. K’Fitra orang mana?

    Bisa dua-duanya siy… Kalo kaya gitu mah bagus. Di Minang diakui sebagai orang Minang karena ibunya Minang, di Sulawesi juga diakui karena bapaknya dari sana. Kecuali kalo kebalikan (bapaknya Minang, ibunya non-Minang), ntah orang mana jadinya🙂

    Ga ngiklan kok, cuma promosi🙂

  9. Visit Indonesia Year 2008 adalah yg ketiga kalinya di Indonesia.. yg pertama 1991, yg kedua 1995 dalam rangka 50 thn kemerdekaan Indonesia dan yg sekarang Visit Indonesia Year 2008 mengangkat tema 100th years national awakening… hehe…

  10. @edy: dulu sih ada di atlas waktu sy SD ato buku pintar, RPUL (bener gk nih). hueheeehe…. skarang sih pasti adalah di google, byk😀

    @maya: wah terima kasih atas informasinya lengkap,,, pasti langsung dari narasumber di dep kebudayaan🙂

  11. kk fitra ini kebalikan sama nasibnya tokoh zulkarnaen (kalo gak salah ingat) di roman karya buya Hamka, tenggelamnya kapal van der wijk. bapak minang tapi ibu bugis jadinya gak di akui dimana-mana. hahaha.

  12. aduuuh seneng deh ada yang ngomongin visit indonesia 2008. huhu… buat tugas kuliah ni bisa bantuin ga? gimana menurut kalian promosi Visit indonesia 2008 kali ini? dan menurut kalian harusnya image yang ditonjolkan oleh indonesia tuh seperti apa?
    thank you thank you ya….😀

  13. @Benny: waduh iya kk Benny,,, btw, ttg novel itu direkomendasiin jg ma dosenku, tapi bedanya dinovel tuh makassar-minang

    @rani: Promosi indonesia 2008,, yah yg ditelevisi blm lengkap propinsinya,,, susah klo nanya sy soalnya kan sy jarang berlibur sedangkan klo di jawa barat sendiri sih blm kerasa soalnya di daerah itu2 aja😉 ..
    klo apa yg ditunjulkan tentunya jati diri bangsa khususnya budaya2 lokal… waduh sy jg krg tau yah klo tentang ini :D…

  14. alo fitra, gambar nya bagus-bagus yah, boleh tahu ini gambar punya kamu atau ambil dari internet. soalnya saya pingin pake foto rumah adat dan pengantennya untuk di website wisata padang.terima kasih untuk jawabannya

  15. minta theme song visit indonesia 2008-nya donk…
    yang versi indonesia n englishnya
    the journey has begun….
    …………

  16. visit indonesia 2008 apakah udah berjalan dengan yg di harapkan pak jero wacik yaaaaaaaaa………………….(beberapa text hilang) hehehe……

  17. Selama industri pariwisata kita masih ketinggalan, kayaknya kampanye visit to Indonesia harus dilaksanakan setiap tahun ya🙂 Atau kampanye tentang Indonesia selalu dilakukan setiap hari oleh setiap orang🙂 Kan bisa juga melalui dunia maya ini

  18. hai..aku baru lihat nih.

    Kita sama-sama orang sumatera barat loh. tapi aku lahir dan besar di Medan (sumatera utara).
    so krn dekat aku jadi bisa tiap taon ke sumatera barat.

    Mau tau tentang Sumatera Barat : Kalau di padang itu terkenal dengan pantainya yang keren, kalau di Bukit Tinggi terkenal dengan panoramanya…………..keren abis dengan pegnungannya taukan Dimana sih daerah yang Gunung dan Lautannya Berdekatan seperti Di sumatera barat. Kalau aku disuruh milih tempat tinggal pasti aku pilih di Bukit Tinggi dan nyesal banget kalau orang sumatera barat ga lahir dan tinggal di sana seperti aku ini krn betul betul Beautiful deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s