Kidung Bumi

Pada awalnya saya berniat donlot lagu-lagu baru secara playlist saya lama-lama dah bosenin karena itu-itu aja. Akhirnya tanpa sengaja sy nyasar di blog ini untuk donlot lagu soundtrack ayat-ayat cinta the movie. Nah waktu donlot lagu-lagunya ada satu lagu yang gak ada judulnya dan hampir saya gk donlot tapi ternyata menjadi lagu yg paling berkesan. Entah kenapa waktu dengar lagu itu rasanya familiar (sampai skrg saya gak ingat apakah pernah dengar sebelumnya dmn yah???). Akhirnya saya mencari liriknya. wuih, mencari liriknya butuh usaha waktu lama secara saya tidak tau judul lagunya apa. Akhirnya setelah browsing kemana-mana dengan kata kunci “Fully feat vagabond ayat-ayat cinta” tanpa sengaja ketemu juga judul lagunya yaitu “Kidung Bumi”. Nah, baru deh akhirnya mudah mencari liriknya dengan kata kunci judul lagunya. Dapat deh liriknya di iluvislam dan papyrus-Alam yang mencintai Allah.

Kidung Bumi – Fully feat Vagabond
Yang kelabu Hening telaga biru
Berubah menjadi ungu senja
Tak terkikis batu hitam kelam
Di atas tegak tebing yang bersahaja
Semburat warna-warni cakerawala
Adalah lukisan terindah
Rindu air pada muara
Setelah lelah berliku
Chorus
Kepada-Nya embun-embun pagi dan kabut malam hari berdoa
Memohonkan ampun bagi siapa saja dan bersimpuh lantunkan rasa
Hidup pada-Nya
yang setia cahaya nan agung
Menebar picar hangati maya pada
Belai angin pada dedaunan
Ingatkan kembang untuk tetap merekah
Manjakan penghuni perebut karunia
patuhi titah-Nya Sang Perkasa
Rangkuli kicau jagat raya
Sampai masa tak berdegup
Tak pernah bumi ini mengadu
Walau terinjak bertapak
Namun tetap tumbuh
Gembita puja-puji semesta
Selaraskan pengakuan Pada Dia Yang Esa

Pertama kali waktu baca liriknya asli membingungkan, tapi ketika membaca keseluruhan jadi sedikit mengerti lagu ini bercerita tentang alam. Soalnya waktu mendengar lagunya pertama kali tanpa baca liriknya saya gak kepikiran lagu ini tentang bumi. Seperti mendengar lagu cinta tapi jauh lebih indah daripada lagu-lagu cinta biasanya.
Yah, mungkin karena cinta alam kepada Sang Pencipta emang lebih indah dan ikhlas daripada manusia kepada Sang Pencipta.

Membaca bait pertama dan kedua tuh membuatku menghayal keadaan alam yang dituliskan di situ. Yang membuat bingung bait pertama itu bercerita tentang alam yang mana???*apakah telaga biru menjadi ungu ketika senja???* saya tidak bisa membayangkan alam yang digambarkan disitu ato para pujangga bisa menjelaskan kepada saya. Serius saya penasaran banget deh,,, soalnya itu kan kalimat awal yang justru menjadi perhatian pertama kali membaca.
Pertanyaan kedua saya yaitu siapa sih yang menciptakan lirik lagu ini plus yang mengaransemen. trus siapa yang menyanyikan – Fully feat vagabond – itu siapa yah??? secara sy sgt tidak update dengan penyanyi atopun musik-musik.
Jadi ingin tau siapa penciptanya dan menyampaikan apresiasi atas lagu ini dan tentunya tidak lupa apresiasi pada-Nya Sang Pemberi Inspirasi.

24 thoughts on “Kidung Bumi

  1. lagu Kidung Bumi karya salah seorang mahasiswa al-azhar yang punya hobi buat karya-karya tuk sebuah lagu. dan Vagabond adalah band yang dimiliki oleh temen-teman yang memiliki hobi yang sama.
    karena setting cerita ayat-ayat cinta adalah mesir, minimalnya teman2 vagabond ingin memberikan kado sebuah lagu Kidung bumi dengan harapan bisa berbagi wlo dengan sebuah lagu.
    Entah lagu ini akan dijadikan ost aac atau tidak, i dunno.
    dan Fully adalah seorang siswa kelas 1 smp di SIC (Sekolah Indonesia Cairo). Memang diakui klo Fully memiliki suara yg indah dan merdu.
    itu saja info yang bisa saya berikan,
    mengenai siapa saya? biarlah Allah yang mengetahui. semoga tercatat dalam amal kebajikan sbg pemberat timbangan kebaikan, amin.
    Terima kasih Fitra

  2. waw,,, keren,,,
    hooo makasih banyak informasinya,,,
    sangat jelas,,,berarti lagunya diciptakan di kairo yah,,, wow,,
    penasaran ada lagu lainnya gak yah,,,
    Terima kasih

  3. Menurut saya ini sebuah sajak tentang kembalinya seseorang yang menyadari bahwa “ruhnya” pada akhirnya akan kembali pada kerinduan abadi terhadap Allah. Hal ini bisa dihayati dari kata-kata “Rindu air pada muara Setelah lelah berliku”….Penulis mewarnai panjangnya bait dengan larik2 pujian kepada Maha Indah dan mengakhiri goresan sajaknya dengan sebuah tekad untuk menyempurnakan iman (baca: membenarkan dalam hati, mengatakan secara lisan, dan mengamalkannya dengan perbuatan), bisa dilihat di kata-kata terakhir “Selaraskan pengakuan Pada Dia Yang Esa”. Semoga bermanfaat, jika analisa puisinya benar datangnya dari tuntunan Allah, jika salah…ya saya yang salah…maapin klo gitu…

    Menarik untuk belajar menganalisa fenomena ungkapan seseorang dalam puisi, saya rekomendasikan untuk baca sebuah buku sastra nan puitik berjudul “Sesuatu Indonesia” karangan Afrizal Malna terbitan Bentang tahun 2000. Bahasannya lebih ke sastra dengan beberapa bumbu tentang politik persatuan bangsa Indonesia, yang menurut penulis, Indonesia masih mengalami pergulatan ideologi dan jati diri hingga sekarang. Menurutnya pula, Indonesia belum bisa dikatakan sebagai bangsa…baru “Sesuatu Indonesia”…Terus semangt menghayati puisi Fit…

  4. Kebetulan saya tahu sedikit, bagaimana lagu kidung bumi bisa berhubungan dengan ayat-ayat cinta.

    Kairo di buat heboh, ketika habiburahman (penulis AAC) ikut serta dalam pameran buku internasional di cairo januari 2007 yg lalu. Bukan saja krn masyarakat indonesia bisa ketemu langsung dg penulis novel yg menghebohkan itu, tapi waktu itu juga bersamaan dengan dengan survey pembuatan filmnya. Mas Hanung (sutradara) dan Feddy Nuril (pemeran si fahri) beserta kru datang ke negeri asal cerita.

    Habiburrahman tinggal di Hotel Wisma Nusantara, Hanung tinggal di Hotel Griya Jateng dan Feddy Nuril tinggal di flat dimana habiburahman (mahasiswa) dulu tinggal.”Supaya bisa mmelebur dan lebih menjiwai” kata mas Hanung ketika ditanya soal alasan pemilihan flat itu.

    Kontan saja, banyak organisasi berlomba-berlomba untuk membuat acara yg bisa menemukan massa dengan habiburahman. Diantaranya PPMI (organisasi induk mahasiswa) membuat acara di Auditurium Besar Universitas al Azhar.Pecahlah rekor jumlah massa yg hadir dalam kurun 10 tahun terahir. Yang sebelumnya di pegang oleh Acara PPMI (2003) Yg menghadirkan AA Gym dan yg sebelumnya lagi di pegang oleh Kiyai kanjeng, Emha Ainun Najib.

    Forum Lengkar Pena Mesir juga tak mau kalah. Membuat acara temu kangen dengan pendiri pertama komunitas penulis itu. Qomuniti Radio Jerman yg di cairo (studio 2) tak mau ketinggalan. Para kru berhasil menculik habirburahman dan feddy nuril dan di bawa ke studio untuk wawancara.Terlihat nuril berjalan setengan berlari untuk mengusir musim dingin didaerah Tajammu’ Khomis. Beda dengan habiburahman yg terlihat santai,barangkali sudah terbiasa dengan hawa kairo, ketika jadi mahasiswa.

    Bapak-bapak dan Ibu-ibu beseta anak-anak SIC (sekolah indonesia cairo) yg berada di mussoddaq st Dokki Giza juga membuat acara. Disitulah saya pertama kali mendengar lagu yg menggetarkan hati. Itulah Lagi Kidung Bumi.

    Salah satu staff SIC berhasil membawa penulis novel itu ke Sekolah. Setelah makan-makan sebentar dan basi-basi dengan Pak Regar, beliau mulai mengisi acara. Sebelum bedah Novel, Diputar lagu kidung Bumi milik Fully. Semuanya terdiam. hening. Aku lihat wajah fully memerah, malu. Sampai kepada baris terahir lagu yg nongol di layar proyektor habis, hadirin memberi tepuk tangan dan suara-suara histeris. Baik anak-anak maupun orang tuanya.terasa air hangat mengalir di pipiku. terharu. Bapak fully yg kebetulan juga memimpin jalannya acara, mengusulkan untuk mempromosikan lagu ini ke Jakarta. dan Habiburahman pun bersemangat untuk membawa ke Indo. Aku minta izin untuk mengkopi lagu-lagu itu, tapi sayangnya, master itu diprotek dan nggak bisa di gandakan. sampai ahirnya, muncullah lagu itu di internet. Dan saya nggak tahu ceritanya. Untuk mendonlot lagu kidung bumi ntar linknya menyusul. (fatahsyeih@yahoo.com)

  5. wah kok gak masuk ost AAC???
    jadi gak tau deh.
    bagi dong Fit, males ngedownload :p.

    @ah army soundtrack ato film nya nih yang di rileks hehehe

  6. @fatahsyeih: wah mantap penjelasnnya,,, makasih2,,,
    @Army: waduh gk tau tuh klo rileks,,, gk pernah ngerileks lagi
    @newbensagung: ada kok mp3ku,,, makanya kmu ke sekre aja wahahaha
    @Menggugat Mualaf: iya nih kok skrg gk bsa donlot multiply,, untungnya kmrn sempet donlot😛

  7. pertama kali dengerin sich biasa2 aj bahkan terkesan bosenin
    but…..
    pasca relisten pe’ 2,3,4 ‘n akhire berXXX
    barulah muncul SOUL dari lyric yang tertuang itu

    dari situ kemudian terbesit keinginan untuk segera dapatin lyricnya
    ‘n ternyata mang sulit abiez pe’ akhire bersua ma blog ini

    from the bottom of my heart
    I just can say
    THX U so Much

  8. yup…

    it’s sooooo beautiful….
    ku pikir lagu ini pantas dikategorikan sebagai satu dari lagu2 terindah…

    sayang banget kok gak masuk jadi ost…

    anw…
    thanx udah bisa menghadirkan satu lagu indah dalam dunia ini…

  9. alhamdulilah, kidung bumi cukup mewarnai lika-liku kehidupan seklumit manusia pencinta lagu-lagu sendu…klo saya boleh menjawab pertanyaan dari fitrasani, kidung bumi kita tampilkan di tengah masyarakat indonesia yang ada di Mesir untuk lebih membuka hati semua golongan.
    dan kami menampilkan lagu dengan motif yang sendu bertujuan untuk membuka tabir yang selama ini (musik) diKairo oleh kalangan tertentu identik dengan mahasiswa-mahasiswa yang “selengean”. ternyata tidak!
    hanya orang bodoh dan kolot yang masih menganggap demikian.Nah…fitrasani yang baik..kalau pencipta lagu kidung bumi itu sendiri yaitu M.Irsad.Lc. yaitu lead guitar dari VAGABOND. untuk arransement kidung bumi Vagabond juga yang buat.dan untuk lagu-lagu yang lain dan sejenis akan kita launching segera dalam bentuk album.doanya ya fit….udah hampir jadi kok.:))masalah kita a termasuk OST ayat2 cinta itu sih kayaknya belom hoki ajah..hehehe.tapi kita masih tetep keep in touch kok sama Habiburrahman(pengarang novel AAC)and mas Hanung(sutradara AAC)
    NB: klo mau lebih detail ttg VAGABOND kirim email aja ke
    musisibaru@yahoo.com

  10. @evrha27: >pasca relisten pe’ 2,3,4 ‘n akhire berXXX
    maksudnya apa nih???

    @implinx: terima kasih infonya

    @ghan ng: terima kasih kepada sang pencipta syair indah itu dan Sang Pemilik Penyair itu,,,

    @mas Bas: makasih infonya,,,mmm penasaran ma lagu2 lainnya,,, akan seperti apa yah

  11. yyuupp… kidung bumi.. emang toopp… sebuah hidayah besar telah di dapat oleh sang penulis lirik … yg begitu menyentuh… qalbu.. dARI SISI INDUSTRI soal kidung bumi tidak… jadi OST ..film AAC itu mnrtku justru membuat KB lebih baik …. karena… sebagus2 nya film indonesia.. gradenya masih di bawah… industri musik nasional… dgn kata lain KIDUNG BUMI akan.. kurang greget..kl di..jadikan OST… hehehehe.. jujur aja . , dari sekian byk artis baru dibawah major label blm ada yg punya greget hanya lagu KIDUNG BUMI yg..menghentak hati… ga ngerti… caranya gmn si penulis lirik… dpt ilham hehehehe… mesti belajar dari nya neh kayanya…. salam buat penikmat dan perasa LAGU KIDUNG BUMI…. Biarkan KIDUNG BUMI bersahaja… laksana tebing yang tegak …

  12. niat saya juga mo bongkar-bangkir internet sebelum ujian….eh tau2nya nyasar juga di blog ini. jujur saya tertarik juga karena pertama ne commentnya tentang lagu kidung bumi, sebenarnya udah lama seh beredar di cairo, yang kedua comment tentang kedatangan kang abik dan fedi nuril , ppmi wah jelas deh, terus saya lihat yang nulis comment ternyata mas fatahsyeih(walaupun bukan nama asli….) saya ga bingung lagi jadinya. mas fatah khan sering bekecimpung tu di PPMI cairo”. waktu munculnya lagu kidung bumi yang di nyanyiin oleh “Fully Asmandita Haryadi diiringi Vagabond Band(band anak2 indo yang gi kul di Azhar) sebenarnya ada juga lagu yang waktu sempet terkenal, bahkan sampe orang2 mesir juga sering banget muter ne lagu, baba yang di bawah imaroh saya tu sering banget muter, judulnya adalah “Ma Li Rabbun Siwah” dinyanyiin oleh Dai Nada Cairo. tu liat aja kreatifitas anak2 indo…be the best dech…
    kalo mau liat lagu2 Dai Nada yang lain, buka aja paman google dengan kata kunci Dai Nada, atau youtube. oya saya ada fotonya fully asmandita haryadi, tapi kualitas gambarnya jelek… ya bagi yng mau aja. email me at hi_enha@yahoo.com, Bravo Indonesia!

  13. terima kasih atas semua kritikan, saran, pujian…semua untuk kebaikan anak saya (fully asmandita haryani) di masa-masa yang akan datang.Kalau ingin kenalan lebih jauh lagi bisa menengok ke pinwhigi@yahoo.co.id atau boleh ke facebook fully asmandita juga masuk ke member sekolah indonesia cairo.TQ

    • wow mengharukan, menit pertama saya denger laugu ini langsung merinding dan membuat berkaca-kaca…beneran lho..good work Fully

  14. lagu kidung bumi adalah lagu yang sangat indah. buatku lagu ini ga ada matinya… aku ga pernah bosan mendengarkan lagu ini selain liriknya yang bagus suara penyanyinya sangat merdu.

  15. lagu dan liriknya sangat menyentuh,,, udah sebelum aac tayang denger lagu ini (kayaknya)… sama kyak komen yang di atas,, saya ga pernah bosan denger lagu ini… ijin share infonya ke blog saya,,, trima kasih

  16. yang bikin kakakku… aku ga boong,, dulu pas dapet lagu ini dari kakakku, langsung suka, dan sekarang, aku iseng ketik judul lagunya… eh ada yg posting
    nb: kakakku mantan Al Azhar Cairo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s