KM ITB milik semua

Pagi ini saya terbangun dengan 4 pesan baru yang masuk di ponselku. Pesan terbaru dari ayahku, kemudian dari Ilham, Sandi, dan juga Fikri (teman SMA). Ketiga pengirim terakhir sama melaporkan hasil Perhitungan Suara PEMILU RAYA KM ITB 2008 dengan bahasa yang berbeda-beda. Perhitungan Pemilu Raya KM ITB 2008 yang berlangsung di basement CC barat pada jam 19.30 hingga 02.00 ini telah menghasilkan nama pemimpin-pemimpin kita yang baru yaitu Bagus T. Planonologi 2004 (MWA Wakil Mahasiswa) dan Shana Fatina T. Industri 2004 (Ketua Kabinet KM ITB). Pasangan Bagusshana (2182) unggul 28 suara dari pasangan bobbygilang (2154) sedangkan Rulyfikri hanya memperoleh 230 suara. Hasil yang kalau secara random ditanyakan kepada mahasiswa ITB rata-rata tidak memprediksi seperti itu.

Hal yang lucu waktu menerima hasil ini tadi pagi, tiba-tiba saya jadi ingat waktu mendampingi panpel saat roadshow aturan PEMILU di salah satu zona himpunan, ada pertanyaan mengenai galat yang nyambung ke sebuah studi kasus mengatakan bagaimana nanti kalau selisih suara antara 2 calon itu sampai 20 atau 30 (misalnya sama dengan total galat) kan lumayan. Trus dalam hati dan sempat nyeletuk ke salah seorang senator, “ah itu mah studi kasus yang hampir sulit terjadi, diada2in contohnya…” Jleb, tidak enak tiba-tiba waktu mengingat kata-kataku dulu hehehe. Tidak terpikir bisa kejadian. Yah tapi inilah ketentuan Yang Maha Menentukan.

Pencoblosan suara yang hanya berlangsung dalam waktu 5 hari dengan segala keterbatasan bisa menghasilkan partisipasi mahasiswa ITB di pemilu KM meningkat tinggi dari yang tahun lalu 41% menjadi sekitar 4600 (50.8%) dari total pemilih sekitar 9000. Jadi ingat saat mendampingi ketua PEMIRA waktu itu berbicara dengan seorang Bapak di Biro Kemahasiswaan yang menyoroti partisipasi Pemilihan Presiden yang sangat rendah. Entah kenapa angka 50% walaupun belum membanggakan sekali tapi bisa mengobati sedikit kekesalan saat itu. Segala apresiasi ingin saya berikan atas usaha panpel dengan segala keterbatasannya yang cukup kasihan juga tapi bisa menghasilkan angka di atas. Usaha panpel sejak awal yang ingin memudahkan semua jurusan agar dapat mencoblos tapi dukungan dari massa kampus yang tidak sebanding. Tahun ini TPS yang dibuka lebih banyak daripada tahun lalu padahal hal itu berbanding terbalik dengan resource yang mereka miliki. Akhirnya saya kebagian jatah 3 hari terakhir buat buka TPS di zona IF. Bahkan hari terakhir karena permintaan saya juga sih, all day long, saya jadi penjaga kotak di zona IF dan menghasilkan 135 pemilih (beginilah fakta kalau mahasiswa deadliner jadi pemilih).

Terlepas dari keterbatasan panpel dalam melaksanakan PEMILU KM ITB, saya merasa tidak suka atas issue yang dihembuskan oleh siapapun itu atas ketidaknetralan panpel dan semacamnya. Secara kepanitiaan saya yakin panpel cukup netral. Tapi secara personal tidak mungkin panpel netral karena tentunya mereka juga menggunakan hak pilihnya. Ketika keputusan yang dihasilkan sesuai dengan mekanisme panpel dan aturan PEMILU dari kongres maka sudah sepantasnya kita nilai secara objektif panpel netral bukan malah penilaian terhadap panpel dihubungkan dengan melihat orang-orang yang bekerja sebagai panpel (lagi-lagi sosok). Justru yang lucu adalah ketika sebuah keputusan panpel yang di awal sudah diterima semua calon tapi masih dipermasalahkan oleh pihak lain setelah beberapa jam/hari keputusan itu dikeluarkan yang secara aturan Panpel harusnya sudah tidak bisa diganggu gugat. Saya merasa tidak fair selama pencoblosan (saat-saat panpel harusnya butuh dukungan) ada frame di massa kampus panpel tidak netral padahal saya menilai ini hanya masalah komunikasi panpel ke massa kampus yang tidak hanya tapi hanya ke calon. Dan masalah komunikasi itu berangkat dari keterbatasan panpel coba bayangkan kalau isi panpel semua elemen di ITB. Saya rasa massa kampus bisa melihat persoalan dengan bijak dan mungkin lebih bijak dari saya. Yah bagi saya panpel harusnya diberikan apresiasi sebesar-besarnya seperti yang saya katakan disini . Kalau perlu permohonan maaf begitu dari pihak-pihak yang mencemarkan nama baik panpel😉 gimana Kongres (wahahaha seenaknya gini, post power sindrome)

Terlepas dari masalah panpel, saya berharap banyak atas terpilihnya BagusShana agar dapat mewujudkan mimpi besar mahasiswa ITB agar “KM ITB milik semua”. Terlepas darimana saja latar belakang, golongan, elemen yang ada di kampus ini, semua harus mewarnai KM ITB ini. Selamat bertugas buat Ibu Shana dan Bagus😉 . Mari himpun beragam potensi mahasiswa ITB agar KM ITB dapat kokoh dan berkarakter dan ciptakan budaya trust, share, and care di kampus ini agar bisa menjadikan KM ITB milik semua, milik semua tidak hanya mahasiswa ITB tapi stakeholder ITB dan bangsa ini.

Related links:

8 thoughts on “KM ITB milik semua

  1. bener2 tidak terduga.. yah namanya takdir. yang jelas hal ini bukan kebetulan. Ketidakmampuan nalar manusia menterjemahkan takdir Allah “cuma 28 suara” kemudian dijustifikasi dengan kata “kebetulan”.

    selamat kepada Shana dan Bagus!! Semoga bisa menjalankan amanat rakyat kampus dengan sebaik-baiknya

  2. @tamhex: nice comment,, setuju2,,

    @Ooze: eh van,,, kmrn jd nyoblos gk…hehehe sayangnya blm ada pemilu online yah ;))

    @fauzansigma: 9000an itu total yg harus memilih,,, yg menggunakan hak pilih 4600 kyknya soalnya 50.8%

  3. ga akan komen ttg pemilu nya, jumlah suara, ato apapun yang lainnya. cuma ttg post power syndrome nya itu loh.. =D yah, maklum aku kan masih menjabat seengga-engganya sampe GBHP beres, ga jadi turun tgl18, diperpanjang deh.. TT.. oia,iklan : visit my blog, tapi blom beres. kan baru pindah dari http://aozorakouzankaiyou.multiply.com hehehe.. komen ya! meski baru posting satu =p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s