Serba Langka

Malam ini saya makan seadanya (nasi dan abon) secara malas beli makan berhubung semua harga makan di sekitar sini naik, mungkin karena gas atau minyak Langka.. *lah curhat, maklum anak kosan*

Nah pas banget saya selesai makan, dan melanjutkan kerjaan saya (apalagi kalau bukan T*) daa tentunya chatting (hihihi ini mah kebiasaan) tiba-tiba ada sms masuk di hp saya. mmm sesuai kebiasaan saya kalau ada sms masuk pasti suka menebak sms darimana. awalnya mikir nih pasti sms penting berhubungan ma urusan-urusan saya (sok penting amat sih jeng) dan ternyata pikiran saya gak terlalu meleset,,, Ini emang sms dari orang penting tentunya langka karena satu-satunya adik kandung saya😉 ,,, namanya annas dipanggil aan skarang bla bla (lah kok jadi cerita adik saya😀 , entar ada sesi khusus saya cerita tentang dia seorang adik yang diam-diam saya kagumi😉 ).

Walaupun isinya gak penting tapi langka (yaiyalah, secara hubungan kakak beradik kami biasanya tersalurkan melalui telp saja dan jarang banget lewat sms, secara saya juga tidak biasa smsan😉 , tanya kenapa sms adik saya terasa langka😀 ). trus apa kira-kira isi es-em-es nya??? wuaaa ternyata langka juga😀.. Apakah itu?

“ai ada tempat makan jalangkote sama lumpia baru buka di btp* .. enak skali.. saingannya bravo**”

“hoo tiba2 lapar, mau2, apa namanya? siapa mau ke bdg ntp hehe2”

“namanya pesona dekatnya mi titi. sy sdh coba tadi”

Kyaaa makanan langka nih karena tidak ada di Bandung dan hanya di Makassar biasanya saya dapatan. Gara-gara baca smsnya saya jadi benar-benar membayangkan gambar mi titi, jalangkote, dan lumpia… langsung deh ngerasain ngiler tingkat tinggi (apa sih,,,, bahasanya lebai deh😀 )

Makanan langka pertama, Jalangkote, atau biasa disebut ‘Pastel makassar‘ karena biasanya di Jakarta dan sejumlah daerah disebut pastel. Bedanya, kalau bahan kulit pastel umumnya tebal dan empuk, maka kulit jalangkote tipis. Kulit jalangkote menggunakan bahan dasar terigu, telur, santan, mentega, garam, dan bahan-bahan tambahan lainnya dan dibuat tipis. Tak hanya kulit, isinya pun beda. Kalau pastel isinya bisa macam-macam seperti cokelat, susu, kacang, ikan, dan lainnya, maka jalangkote tidak.

Sejak dulu hingga kini, isi jalangkote hanya terdiri atas wortel dan kentang yang dipotong-potong bentuk dadu dalam ukuran kecil, tauge, dan soun (laksa). Sayur-sayuran ini ditumis dengan bumbu merica, bawang putih, bawang merah, dan bumbu lainnya. Kalaupun saat ini jalangkote mengalami perubahan isi, itu hanya penambahan telur 1/4 atau 1/2 butir dan daging sapi cincang. Yang pasti isi jalangkote tuh bikin ketagihan!!!

Makanan langka kedua, Lumpia sulawesi. Kalau dijawa ada Lumpia Semarang, di Makassar ada juga lumpia yang paling terkenal itu Lumpia Sulawesi. Isinya sedikit berbeda dengan lumpia semarang termasuk juga dengan ukuran yang lebih besar😀 .

Kalau yang di Semarang ada “taste” manis yang tersisa, kalau lumpia ini tidak ada, tapi rasa sedikit pedas yang tertinggal. Untuk sambelnya juga beda.. lebih kental yang di Makassar. Nah sambel itu yang menjadi salah satu ciri khas, mungkin hanya ada di lumpia sulawesi😉 (agak-agak mirip sambel otak-otak kayaknya). Btw, sejak SMA ampe sekarang kalau ketemuan n makan-makan saya n teman-teman masih sering makan disana.

Makanan langka ketiga, Mie Titi itu biasa disebut mie kering yang disiram dengan kuah kental dengan campuran irisan ayam, bakso, udang, jamur, hati, dan kadang-kadang cumi. Mie titi agak mirip ifumie tetapi jenis mienya beda karena mie titi tipis banget. Pokoknya maknyus perpaduan mie yang khas dengan kuah kental berisi campuran macem-macem… slurp… dan terpenting adalah paling enak makan mie titi waktu kuahnya masih panas soalnya kalau dah dingin kuahnya bakal encer..

Nah, kalau ke makassar saya juga pasti makan mie titi (kayaknya semua makanan juga tidak lupa dicicipi,,,mumpuuung🙂 ) apalagi sejak setahun lalu dia buka cabang dekat rumah😀 . Eniwei, titi itu sebenarnya nama penjual yang mempopulerkan makanan ini. Tapi banyak penjual mie titi lain juga yang menjamur di makassar. Btw, tapi hanya mie titi yang asli yang pernah masuk acara “Nikmatnya Dunia” huehehe,,,

Pesan sponsor:

Visit Makassar 2008 ^_^/Makassar Expectation dan tentunya tidak lupa wisata kuliner Makassar

*rumah saya yang di makassar

** rumah makan langganan jualan otak-otak, lumpia, jalangkote

12 thoughts on “Serba Langka

  1. fit fit,
    seingetku, pastel itu isinya ya wortel ama kentang dipotong2 kotak dadu, gak perna nemu isinya coklat.

    selama ini yang kukira pastel itu = jalangkote?

  2. @aRuL: makasih yah infonya😀

    @upik: oke deh jeng pasti donk itu,,, kmu org pertama yg aq ingat klo ada makanan kiriman😛,,,

    @sandi: weits,,, yah jalan2 kesana donk sandi,,, gak afdol kmu jd sekjen perkumpulan himpunan mhs Tekim se Indonesia klo blm jalan2 ke mks😀 . btw kyknya di unhas gk ada tekim deh😛

    @rmulyawan: hihihi makanya ke mks,, entar nginap di BTP, ketemu aan,,,😀

    @rani!: ada tuh pra,, pastel.. rasanya tuh kayak kue coklat yg biasa dijual di himp… *bingung jelasinnya :P*

    @defindal: yeah,, ini namanya pucuk dicinta ulam tiba😀

    @mandhut: mmmm mgkn sih man,,,😛,,,

    @yandhie: hooo oke2 deh yan,,, asal gw ada di mks aja huehehe.. ato skalian aja gw diikutin traveling ke mks😛

  3. bu, saya kangen sama lumpia tp bingung dgn kesibukan saya.. pdhl pengen k makasar biar bs mkn lumpia lg.. tlg klo ada info kira2 ada yg bs bantu saya buat kirim ke ternate.. no hp saya 085256636900.. mksh

  4. Diantara semua yg disebutkan diatas sya paling suka dengan lumpia Sulawesi. Dulu sewaktu masih tinggal disana yg jual hanya 2 toko yg bersebelahan namun beda pemilik dan beda rasa tentunya. Dan ada 1 lagi jajanan yang paling saya suka dan ingin kembali ke Makassar hanya untuk menikmatinya, yakni Putu Cangkir. Waktu itu sih harganya masih 500. Mungkin sekarang 1500 atau 2000. Jika ada informasi mengenai Lumpia Makassar ataupun Putu Cangkir yang bisa dikirim ke Surabaya mohon untuk dikabari ya… Bisa kirim email ke annisa.lezat@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s