Diantara dua tugu

Pernah lihat tulisan dibawah ini??

Buat yang merasa anak ITB harusnya tahu donk dimana tulisan itu berada? Yah, tulisan itu adalah bagian dari Tugu Plaza Widya yang diresmikan oleh Pak Wiranto Arismunandar saat beliau masih menjabat menjadi rektor ITB. Tulisan tersebut kononnya adalah buah karya pikiran dari Pak Wiranto sendiri. Terus… apa yang menarik???

Hal yang menarik bagi saya adalah ketika melihat sebuah tugu yang berada beberapa meter dari tugu Plaza Widya itu seperti terlihat dalam foto ini…

Menyadari perbedaannya?? pastilah… Bentuknya saja sudah beda… dan terutama tulisannya… Isi tulisannya beda banget… Apalagi pesan yang ingin disampaikan.

Perbedaan pertama, Di tugu pertama isinya berupa idealisme sebuah perguruan tinggi dengan sebuah kalimat yang bernilai magis bagi saya

supaya kampus ini menjadi tempat bertanya; dan harus ada jawabnya

Nah sedangkan tugu kedua yang dibangun 10 tahun setelah tugu pertama bernilai kampanye. Maksudnya kampanye karena kata-kata yang menjadi ‘keyword’ dari tugu itu adalah Imagine…. Green!. IA ITB 78 selaku pemrakarsa tugu ini ingin mengampanyekan tentang ‘ramah lingkungan’. Namun, selain itu, ada lagi satu kampanye yang iseng muncul dipikiran saya (blink) saat pertama kali melihat yaitu ini kampanye produk ataupun perusahaan. Huehehe yah sekilas melihat lambang ‘indofood‘ saya langsung ingat indomie😛 dan sekilas melihat lambang ‘pertamina‘ saya teringat tentang ‘antri bbm’ huehehe…

Perbedaan kedua, adalah mengenai sebuah tren baru dibandingkan dengan tugu-tugu atau properti ITB yang telah ada sebelumnya yaitu penulisan nama orang yang berkontribusi atau meresmikan hal tersebut. Sebutlah tugu Plaza Widya yang identik dengan Pak Wiranto, tugu peresmian ITB oleh Paduka Mulia Presiden RI Achmad Soekarno yang identik disebut Tugu sukarno, hingga setiap watertap yang ada di ITB bertuliskan nama alumni ITB 70 yang berkontribusi disitu. Nah itu tuh tren lama, tren baru yang saya maksud adalah tugu kedua memberikan sebuah terobosan baru di ITB karena tidak ada sama sekali pencantuman nama alumni sebagai kontributor disitu tapi tentunya nama perusahaan beserta lambangnya… Lengkap kan dan ini mungkin ‘tren’ yang akan diikuti oleh tugu-tugu baru yang lain…

Yah, itu kesan pertama versi saya, bagaimana dengan Anda?

7 thoughts on “Diantara dua tugu

  1. sebenarnya ga masalah si ada lambang sponsornya..
    tapi masalahnya adalah lambang sponsornya jauh lebih besar dari pesan yang ingin disampaikan oleh tugu itu…

  2. @rani!: set dah pra.. bentar lagi insyaAllah lulus (amin..) kok blm pernah liat dua2nya.. huehehe… liat dulu deh, spy segera lulus (loh apa hubungannya hihihihi)

    @opik: salam kenal… anak ganesha juga kah???

    @tripledi13: hahaha iya, dari jauh yg bisa terlihat hanya lambangnya tuh😛

  3. secara pribadi saya terganggu tuh ama keberadaan lambang perusahaannya. kalo cuma tulisannya mungkin ga terlalu masalah yah, tapi kalo lambangnya segede itu rasanya mengintimidasi: “inget yah anak2 itb, perusahaan gw nih pernah ngasi loe sesuatu!”. (maaf kalo terkesan arogan, tapi kerasanya kaya gitu)

  4. wah.. andaikata setiap 30thn para alumni merayakan kealumnian merea di ITB dgn membentuk Tugu, bayangkan berapa bnyk tugu yg akan ada tahun 2034 nanti?? ntar tugu 30thn nya 2004 ada dimana ya?? hehehe

  5. tugu di plaza widya itu emang dalem banget kata-katanya. walopun kl kata saya selama ini kata-kata ini makin kehilangan maknanya..

    soal tugunya itb 78,, seenggak2nya peletakan tugunya lebih humble karena gak pengen ikut2an mejeng di tengah ky tugunya itb 70…

    tugunya itb 70 ngerusak aksis itb tuh,, bisa2 CP Wolf Schoemaker bangkit dari kubur kalo tau ada tugu itu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s