Jumlah suara sebanding dengan dana kampanye

Nonton berita siang di TV One tadi mengungkapkan informasi mengenai biaya kampanye yang dihabiskan oleh ketiga calon Walikota Bandung 2008-2013 yaitu:

1. Calon No. 1 Dada-Ayi menghabiskan dana 1 milyar

2. Calon No. 2 Trendi menghabiskan dana 200 juta *heh jauh amat dari yg pertama*

3. Calon No. 3 Hudaya menghabiskan dana +/- 140 juta

Kaget dengan angka 1 milyar untuk kampanye walikota doank, padahal perasaan media kampanye di jalan tidak mendominasi banget. Uang itu dipake apa yah, mulai gak enak nih perasaan, uang 1 milyar hanya untuk mendapatkan kursi no.1 di kota Bandung. Padahal secara logika harusnya usaha kampanye calon pertama lebih ringan daripada calon lain kalau dia dulu walikota baik karena sudah populer tentunya dan sudah punya prestasi ‘baik’. Tapi kenapa bisa dana kampanyenya menggelembung sendiri.. Kekhawatiran saya bertambah karena kabar dari teman saya. Mulai punya firasat buruk.

saksi: di TPSku pak opik kalah
saksi: huhuhuhuhuhu
me: hah
me: jd siapa nih yg mimpin sementara
saksi: sapa lagi…yang kampanye H-1 di koran lah!
me: siapa ygunggul nih?
saksi: dari temen2 yang ku kenal, Dada-Ayi yang unggul
saksi: huhuhuhu

Hingga akhirnya si berita singkat TV One sore juga disampaikan perolehan sementara dari tiap pasangan yang nilainya sebanding dengan dana kampanye yang dikeluarkan. Yah inilah pilihan masyarakat Bandung…

-Ketiga kalinya postingan hanya tentang pilkada Bandung, selain yang pertama dan kedua

14 thoughts on “Jumlah suara sebanding dengan dana kampanye

  1. 1 milyar kalau dialokasikan sebagai gaji walikota selama 5 tahun x 12 bulan maka kira-kira sebulan akan mendapat kira2 17 juta perbulan.

    we wouldn’t let something big out if it wouldn’t turn out to be bigger in return, would we?

    btw, itu yang diberitakan menghabiskan atau menganggarkan/menyediakan?

  2. ya duitnya buat tempelan, spanduk, baligo-baligo, kampanye sehari sebelum pencoblosan (ntahpapa ini..media massanya udah dibeli kyknya…)…

    baligo-baligonya kan heboh banget, semua gaya ada kali. mulai dari baca buku, ketawa, ngangkat tangan kayak doa, dll…

    ditambah dengan para saksi di tiap2 tps yang konon dibayar…

    panteslah ngeluarin duit segitu…

  3. @pebbie: yang dihabiskan lah… masa dianggarkan.. udah beres gitu…
    @all: yang milih kan org bandung.. hehehe bukan sy, harusny sy bikin KTP Bandung hihihi… semoga ini yang terbaik untuk ketiga pasangan dan masyarakat Bandung…

  4. dana kampanye 1 milyar? rasanya kok masih kurang ya..? apalagi sekelas kota Bandung. mungkin itu yang dilaporkan ke KPUD. Biasanya yang tidak dilaporkan masih lebih besar, dengan alasan tidak diterima/dikelola oleh tim kampanye. Ya sudah, selamat buat pemenang…

  5. Saya sebagai orang bandung kecewa, masih aja masyarakat bandung tidak berpikir jernih. Selain didukung kurang lebih 10 partai, Kang d*d* ini juga didukung oleh bobotoh yang notabene hanya cinta Persib. Karena kalau dia yang mimpin kucuran mengalir untuk beli pemain luar negeri yang gajinya selangit. Teu nanaon (gapapa-red) rakyat miskin, kota tidak sejahtera nu penting Persib meunang. I love Persib but people don’t you have brain???! ntahvava.

  6. hmm… jadi inget ceritanya temen. ad seorang calon kepala daerah yang gila karena gagal. gila karena dia mesti bayar duit kampanye yang naujubillah gedenya yang didapet dari sponsorship. jadilah, dia stres gimana caranya bayar utang.
    si oknum yang dapat disebut dada ini stres juga ga ya cari duit buat balikin duit kampanyenya? kabarnya ada yang bagi amplop bernilai 50rb di pagi hari 10 agust. sayang, ga bawa handycam buat nyari bukti!

  7. Ada baligo tentang jadwal pertandingan persib dengan gambar muka Dada yang besar sekali. (mo menginfokan jadwal ato Pa Dada nya)
    Trus da tulisan Persib harus no 1…

    selama 5 tahun memimpin, persib belum pernah jadi juara 1 tuh. belum lagi bobotohnya yang masih “GA BETUL” klo kalah. Ko bisa gitu? mungkin pemimpinnya juga masih ” GA BETUL ”

    ya udah lah…ambil hikmahnya..

  8. jadi pemimpin di negara ini mesti kaya ya?
    kita jadi ingat kisahnya Ahmadinejad yang ge ngeluarin duit speserpun buat jadi walikota teheran dan kemudian jadi presiden iran. mungkin itu sebabnya kita kekurangan pemimpin2 yang punya keberanian dan merakyat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s