Semangat Memilih

Pernah terbesit di pikiranku, kenapa Allah memberikan kesempatan untuk makhluk-Nya untuk memilih dalam hidup. Padahal Allah tahu yang terbaik bagi kita. Sama halnya walaupun orang tua yang melahirkan anak maka segala pilihan tentunya diserahkan kepada anak untuk menentukan. Walaupun orang tua menginginkan yang terbaik buat anaknya namun keputusan untuk membiarkan anak menentukan sendiri apa yang diinginkan merupakan proses yang dilalui untuk pendewasaan diri anak.

Allah memberikan kesempatan untuk kita berikhtiar dalam menentukan pilihan.

Karena ketika kita berikhtiar maka kita sedang dalam proses mengenali lebih dalam siapa kita, apa yang kita mau, apa yang kita tuju, dan yang terpenting manfaat pilihan kita dalam mencapai tujuan tersebut.

Karena ketika pilihan itu berasal dari kesadaran diri maka semangat dalam menjalani pilihan tersebut lebih ikhlas berbeda dibandingkan ketika pilihan tersebut bukan datang dari diri kita.

Karena dalam memilih maka ada konsekuensi untuk mempertanggungjawabkan pilihan tersebut sehingga ketika kita memilih sendiri maka kita sedang belajar untuk menjadi seorang yang bertanggungjawab.

Dan yang terpenting adalah selalu libatkan Allah dalam setiap pilihan itu, karena Sang Pencipta yang paling mengenali ciptaannya lebih dalam. 

Kemudian, apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya, Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya (QS. Ali ‘Imran: 159)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s