Lanjutkan Pasangan Nusantara

Pemilu Presiden baru saja selesai sekitar 3 jam lalu, tapi hasil quick count sudah menunjukkan siapa yang akan menjadi Presiden RI 2009-2014. Semoga semua calon tetap ingat janji dan niat besarnya untuk membawa Indonesia ke gerbang kesejahteraan, keadilan, kemandirian dan tentunya kemerdekaan yang sebenarnya. Sehingga siapapun nanti yang menang atau kalah tetapi mimpi untuk Pemerintah yang PRO RAKYAT, dan MELANJUTKAN YANG LEBIH BAIK dengan CEPAT tetap terwujud.

Buat pasangan no.2 (termasuk yang mencoblos), kemenangan ini milik semua rakyat Indonesia. Namun, belum pantas kemenangan ini dirayakan, Indonesia menunggu persembahan ‘kemenangan’ sesungguhnya yang patut dirayakan oleh Indonesia. Walaupun sejak dulu sejujurnya saya tidak pernah yakin atas kepimpinan presidenku dulu dan calon presidenku nanti, tapi berjiwa besar itu lebih baik daripada mengutuk kekalahan. Berawal dari yakin bahwa kali ini presiden terpilih bisa menjawab ketidakyakinanku…Pihak yang kalah, tidak sebaiknya mencari kambing hitam, mengutuk keadaan, dan berburuk sangka. Saatnya ikhlas dan fokus kembali mewujudkan mimpi besar untuk Indonesia, dalam bentuk, posisi, jabatan apapun. YES WE CAN.

Hal yang menarik buat saya adalah menunggu-menunggu pernyataan dari pasangan no. 1 dan 3, karena saya memang tidak pernah tertarik mendengar pernyataan pasangan no.2 ups :P. Yah, sebenarnya hasil resmi belum keluar jadi wajar kalau memang ada pasangan yang belum mau memberikan pernyataan sikap. Namun saya salut sekali dengan ketenangan dari Bapak Jusuf Kalla saat memberikan pernyataan yang mengapresiasi pihak yang dinyatakan menang oleh LSI. *Tentunya jangan samakan beliau dengan salah satu tim sukses pasangan no.2 AM yang mudah tersulut tampaknya ^^,*. Sudah sepatutnya dicontoh oleh semua pihak yang merasa kecewa atas hasil Pemilu Presiden kali ini untuk berlapang dada menerima pilihan rakyat Indonesia, karena mengutip kata-kata Bapak Jusuf Kalla bahwa “siapapun yang menang di Pemilu Presiden nanti maka dialah yang terbaik, dan saya siap mendukung siapapun itu”. Doakan saya yah karena berdasarkan pengalaman 5 tahun kemarin, bagi saya sulit sekali mendukung Bapak yang menang itu huehehehe ^^V

Terakhir dan juga inti dari tulisan saya, walaupun hasil pemilu berbeda dengan yang saya harapkan, perbedaan karakter dari setiap pasangan capres-cawapres di Pemilu kali ini memberikan inspirasi seperti apa yang menurut saya pemimpin terbaik Indonesia selanjutnya. Saya tetap yakin pasangan Nusantara: Lebih Cepat Lebih Baik dapat memberikan perubahan yang lebih baik bukan karena ada kedekatan latar belakang alias asal usul dengan capresnya, 5 tahun lalu saya tidak suka dengan beliau hingga akhirnya saya salut dengan kinerja beliau menjadi wakil presiden. Oleh karena itu, Saya tetap mengharapkan pemimpin Indonesia berikutnya yang konkrit, optimis, cepat dan tepat mengambil keputusan, berani mengambil resiko, dan apa adanya seperti yang saya kagumi dari kampanye yang diusung oleh pasangan Lebih cepat lebih baik, *huehehe berarti siapapun sebenarnya bisa menjadi seperti itu*. Saya tidak butuh pemimpin yang baik di mulut tapi tidak nyata di tindakan. Saya tidak ingin pemimpin yang wibawa tapi tidak berani untuk memimpin perubahan yang lebih baik. Yes, saya yakin Indonesia Bisa, Esok Harapan itu masih ada bukan ^_^. Jadi daripada larut dalam kesedihan dan kekecewaan mending kita berlomba-lomba melanjutkan perjuangan Pasangan Nusantara.

*Mungkin JK-WIN tidak beruntung kali ini menjadi pasangan nusantara terpilih. Tenang, saya akan LANJUTKAN kepemimpinan PASANGAN NUSANTARA ^_^ ?????*

Sekali dalam Lima Tahun: Politik Starbucks

Horeee besok kita pesta….pesta starbucks… eh salah maksudnya besok PEMILU.

Saya Fitrasani menyampaikan pesan untuk semua rakyat Indonesia untuk menggunakan hak pilih dengan bijak. Pilihlah caleg-caleg yang bermoral baik, bersih, dan bisa dipercaya. Kenali calegmu, kalau tidak kenal, bisa minta pencerahan ma saya aja ahahaha.

Terakhir jangan lupa besok baca bismillah sebelum mencontreng, semoga pilihan teman-teman adalah pilihan Indonesia.

Selamat memilih…

Btw, buat yang telah mencontreng silahkan datang ke starbuck terdekat untuk mendapatkan minuman gratis. Mari kita bikin Bangkrut STARBUCKS ahahaha

Pemilu countdown 27 days

Socrates: Jika kalian memilih atlet terbaik di antara kalian, apakah kalian akan memilih orang tersebut secara kebetulan? Jika kalin memilih nakhoda terbaik untuk sebuah kapal, akapakah kalian akan memilih orang tersebut secara kebetulan?

Pendengar: Tentu saja tidak

Socrates: Lantas mengapa kita memilih para politikus kita secara kebetulan?

*Road to 9 April 2009*

Saham Orang Makassar di Museum Bahari

Saya dulu benci malaaas sekali belajar sejarah. Sejarah itu layaknya pelajaran biologi di bidang sosial, benar-benar membosankan. Belajar sejarah itu dulunya seperti menghabiskan waktu hidup untuk menghapalkan hal-hal yang tidak tahu apa manfaatnya. Kalau dilanjutkan lagi cerita tentang muaknya saya dengan sejarah bisa-bisa orang yang suka sejarah bisa muak juga ma saya ahahaha.

Tapi se’benci-benci’nya saya ma sejarah toh saya ternyata lagi suka-sukanya berkunjung ke museum. Alasan pertama sih suka melihat benda-benda eksotis, hehehe ini ada hubungan dengan fotografi pastinya. Alasan kedua yaitu kelihatannya saya sedang tertarik untuk memperkaya wawasan saya tentang berbagai hal, deuh berat amat alasannya khususnya sejarah. Seperti halnya dulu saya tidak suka menulis dan akhirnya sekarang jadi suka menulis, mungkin itu dapat menjadi alasan kenapa sekarang saya tertarik dengan sejarah. Alasan lain yang sebenarnya ingin saya tutupi adalah karena kayaknya hampir semua mal-mal besar di Indonesia sudah saya datangi ahahaha tapi justru museum-museum terkenal di Indonesia belum semua saya datangi. Padahal mungkin banyak orang-orang non-Indo jauh-jauh datang ke Indonesia untuk ke tempat-tempat itu, *intinya saya tidak mau kalah :P*.

Dimulai saat dua minggu lalu berlibur ke Jogja dan berjalan-jalan di kompleks keraton, dengan ditemani tur guide yang dengan setianya bercerita banyak tentang sejarah keraton. Setelah saya kembali ke Jakarta (sebenarnya ke bandung dulu) akhirnya saya jadi terpikir ingin ke museum lagi. Yang terpikir yah satu tempat di Jakarta, tempat dimana terdapat berbagai museum, yaitu kota tua jakarta. Akhirnya berangkatlah saya ke kota tua dengan busway, mudah sekali.

Sampai di Kota, museum pertama yang saya kunjungi adalah museum fatahillah, isinya banyak berhubungan dengan sejarah jakarta/jayakarta/batavia. Apa saja yang saya lihat di dalam museum itu, hehehe jangan minta saya sebutkan semuanya karena buanyak banget… Yang saya ingat banget adalah pada umumnya properti dalam museum pasti ada hubungannya dengan sejarah portugis yang datang ke Indonesia sehingga mengingatkan saya kembali bahwa kita pernah dijajah portugis hihihi serius saya hampir lupa dengan ini. Trus dari situ saya ke museum wayang dan museum seni rupa dan keramik (baru tahu ada museum ini) yang terdapat di dekat museum fatahillah. Beuh isinya capek juga ahahaha. Di museum seni rupa saya bisa menebak lukisan Affandi dari karakter tulisannya. Ya iyalah secara saya sudah cukup ‘muak’ liat lukisan narsis Affandi di Rumahnya seminggu sebelumnya. “Ada yang tahu berapa jumlah lukisan potret diri Affandi???” kayaknya banyak banget versinya, bahkan salah satu patung yang dia bikin aja potret diri, ckckck narsis ^^V. Kalau cerita ini dilanjutkan bisa-bisa nanti akan sangat membosankan seperti laporan perjalanan study tour anak SD ke museum-museum :P.

Sebenarnya hal menarik yang ingin saya ceritakan adalah museum terakhir yang saya kunjungi, museum terjauh di daerah kota tua jakarta itu yaitu yang terdapat di pelabuhan sunda kelapa, yaitu museum bahari. Dari kompleks museum fatahillah, saya mesti naik bemo dulu kesitu. Nah dari museum-museum yang saya datangi sebelumnya, ini museum tersepi, tercatat hanya saya dan teman saya yang datang berkunjung, dan juga ter’bobrok’ alias masih dalam renovasi karena ternyata dulunya bekas gudang disitu.

Jadi, yang menarik apanya?

Sebenarnya ketika masuk di awal saya disajikan beberapa catatan sejarah tentang Jakarta khususnya pelabuhan Sunda Kelapa. Tapi lama kelamaan, saya jadi sering membaca tentang sejarah pelaut bugis/makassar. Bahkan bila dibagi menjadi 3 masa sejarah bahari yaitu masa permulaan, pertengahan, dan saat ini. Masa permulaan itu berisi tentang sejarah berbagai pelabuhan-pelabuhan besar di Indonesia di sumatra, jawa, dan sulawesi. Nah dari masa pertengahan itu isinya tentang saudagar bugis maupun makassar semua. Waah mantap lah.. Jadi kalau mengakumulasi secara cepat sejarah-sejarah bahari yang saya baca didominasi dengan sejarah dari Makassar. Hingga akhirnya saya terpikir ingin bertanya,

Berapa saham orang bugis di Museum Bahari?

*Bugis dan Makassar sebenarnya adalah nama suku yang terdapat di daerah sulawesi selatan yang beribukota Makassar. Jadi maksud orang Makassar di judul saya tertuju pada semua orang yang mendiami sulsel, baik suku bugis atau makassar

Dukung RUU APP

Masih ingat gak dengan RUU APP?

RUU APP adalah Rancangan UU Anti Pornografi dan Pornoaksi. Semoga kata-kata itu masih ada di bayangan para pembaca walaupun ada embel-embelnya yaitu “so last year”. Rasanya sudah dua tahun sejak issue itu di blow up ke masyarakat dari yang awalnya banyak kelompok masyarakat yang tidak setuju hingga akhirnya alhamdulillah lama kelamaan masyarakat mulai tercerdaskan.

RUU APP ini sebaiknya tidak dipandang sebagai usaha untuk menghambat budaya Indonesia, banyak yang menyebutkan RUU APP melarang koteka, padahal tidak sama sekali koteka tetap disimpan agar dapat diketahui oleh anak cucu nantinya tapi kalaupun mau dipakai, dipakai dimana? sudah tidak relevan dengan jaman dan berdasarkan pengakuan mahasiswa Papua sendiri bahwa koteka itu adalah simbol kebodohan dan kemiskinan, CMIIW. Jangan dipandang usaha untuk menegakkan hukum agama tertentu karena semua agama tidak ada yang mendukung pornografi, apalagi usaha untuk membelenggu hak-hak wanita, hak-hak yang mana justru harusnya wanita mendukung karena RUU ini akan melindukungi wanita, Hidup Wanita.

Namun usaha itu belum sempurna dan tuntas sampai disitu bahkan hingga hari ini para pendukung seperti LSM Masyarakat Anti Pornografi maupun Aliansi Selamatkan Anak (ASA) Indonesia tidak bosannya untuk memantau kinerja DPR dalam menggodok RUU itu.

Beberapa waktu lalu, saya mendapat informasi dari bunda kunang-kunang, Tatty Elmir yang berisi
Nasib RUU APP ditentukan sekitar 27Agustus08...MOHON DUKUNGANNYA dengan menulis opini/dukungan di blog http://www.wujudkanuupornografi.blogspot.com atau dengan mendaftarkan alamat email kalian ke Luqman MTP: 021-68743416. DUKUNGAN LAIN juga bisa diwujudkan dengan membaca tulisan di bawah ini dah sebarkan luas pengetahuan ini. HATI-HATI dengan ancaman bahaya PORNOGRAFI yang sudah DEKAT dengan kita

Bacaan Terkait:

Dampak negatif kasus Ryan

“G*y bagi saya adalah………….. Keluarga saya mendukung, bagi mereka……………………”

Huff, itulah kalimat yang muncul dari seorang pria yang diwawancara mengenai status yang ia ‘banggakan’ itu. Wawancara tersebut ditampilkan dalam sebuah tayangan infotainment pagi (ups ketahuan deh gw…). Yah adanya kasus pembunuhan ryan yang selalu dibahas di semua berita di TV Indonesia (kelatahan media) men-trigger akhirnya dengan sangat gamblangnya ditampilkan para kaum g*y untuk memberikan pandangannya tentang kasus itu. Tampilnya mereka saja sebenarnya secara pribadi membuat saya risih tapi yang tidak sangat saya hargai adalah komentar dari pria di TV pagi tadi. Banyak kalimat yang tidak edukatif yang muncul bahkan ada yang cenderung vulgar. Entah mungkin saya yang saat itu sensitif tapi kalau saya jadi produser acara tersebut pasti sudah menyensor lebih dari 50% kalimat yang diucapkan pria tersebut. Hanya sebatas curhatan tidak penting yang ditampilkan ke layak ramai yang tidak membantu sama sekali kejelasan kasus Ryan. Apalagi juga tidak menjelaskan hikmah apa yang harus diambil oleh masyarakat atau apa yang perlu diwaspadai masyarakat.

Ya Allah, akan dibawa kemana penonton televisi Indonesia kalau isi berita saja sudah tidak edukatif begitu.

Pernikahan termewah dan bencana terugikan

Lucu…Miris… dan cerdas…

Kalau ada yang nonton berita siang RCTI hari ini, pasti lihat liputan singkat pernikahan mewah ponakan Abu Rizal Bakrie…sekilas seperti ini isi berita tadi

Jadi diungkapkan bahwa malam ini akan digelar pernikahan termewah antara Adinda Bakrie (anak dari Indra Bakrie) dengan seorang berkebangsaan Singapura, teman kuliahnya saat sekolah bisnis di USA. Berita tersebut menyebutkan bahwa si Adinda akan menggunakan sebuah mahkota mahal bikinan whoever, trus gaun rancangan perancangan busana internasional terkenal, trus katanya menghabiskan biaya whatever yang pasti gede lah, ampe saya aja malas ingat. Trus diceritakan kalau Akad Nikah sudah berlangsung sejak tanggal 23 Juli kemarin dengan dihadiri oleh presiden SBY yang juga menjadi Saksi pernikahan. Trus diceritakan bahwa “si Adinda Bakrie tuh anak dari Indra Bakrie yang juga pemilik dari PT. Lapindo yang saat ini masuk terkena kasus lumpur di sidoarjo”… Nah beritanya berhenti disitu… Liputan yang gak begitu penting sebenarnya soalnya yang dilihatin juga cuma slideshow foto pasangan pengantin…

Nah tapi yang penting adalah berita setelah itu,

Entah sengaja dan kelihatannya begitu. Berita berikutnya adalah tentang meluapnya lagi untuk yang ke-93 kali lumpur di sidoarjo… hooo nyambung kan dengan PT. Lapindo… hihihi miris deh, sebelumnya diceritakan tentang pernikahan termewah tahun ini, eh habis itu langsung dipaparkan tentang bencana yang termerugikan dan tidak kunjung berakhir bertahun-tahun belakangan…

Yeah itulah realita!!! gap antara kaya dan miskin semakin lebar…